Hadiri Kampanye Jokowi di GBK, Anggota Japati Jalan Kaki ke Jakarta

Kamis, 11 April 2019 - 19:53 WIB
Hadiri Kampanye Jokowi di GBK, Anggota Japati Jalan Kaki ke Jakarta
Puluhan anggota Japati memulai longmarch ke Jakarta untuk menghadiri kampanye Jokowi-Maruf di Stadion GBK, di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro. Foto-foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Puluhan anggota Jaringan Perantau Asli Tasikmalaya (Japati) berjalan kaki menuju Jakarta untuk menghadiri kampanye terbuka Jokowi-Ma'ruf di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (13/4/2019).

Anggota Japati yang merupakan warga asal Kabupaten dan Kota Tasikmalaya itu memulai longmarch dari depan Gedung Sate, Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Kamis (11/4/2019).

Mereka mengenakan pakaian dan atribut bergambar capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf). Selain anggota Japati, longmarch juga diikuti oleh anggota Arus Bawah Jokowi Jabar.

"Kami warga Tasikmalaya yang tergabung dalam Japatik sudah berjalan kaki dari Kota Tasikmalaya pada Selasa (9/4) dan tiba di Bandung hari ini, Kamis (11/4/2019) jam 03.00 dini hari. Dari Bandung, kami lanjutkan perjalanan ke Stadion GBK, Jakarta," kata Ketua Japati Junen Hudaya di Jalan Dipenogoro.

Junen mengemukakan, longmarch anggota Japatiitu sebagai bentuk komitmen warga Tasikmalaya untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Kami akan hadiri kampanye terbuka pak Jokowi di Stadion GBK. Kami pilih berjalan kaki menuju Jakarta karena ingin menyampaikan komitmen bahwa kami warga Tasikmalaya akan memenangkan Jokowi, ciptakan sejarah bahwa nanti Jokowi akan menang di Tasikmalaya," ujar dia.

Mereka berjalan kaki dengan rute Kota Bandung, Cimahi, Purwakarta, Karawang, Bekasi dan Jakarta. Junen menargetkan peserta longmarch akan tiba di Stadion GBK pada Sabtu (13/4/2019) pagi pukul 10.00 WIB.

Hadiri Kampanye Jokowi di GBK, Anggota Japati Jalan Kaki ke Jakarta


Selama dalam perjalanan dari Tasikmalaya, faktor cuaca jadi kendala sehingga tidak sedikit memengaruhi kondisi kesehatan peserta jalan kaki.

"Awal perjalanan jumlah peserta yang berjalan kaki mencapai 50 orang. Tapi di perjalanan, ada yang sakit sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan dan menyisakan 37 orang. Sepanjang jalan kami mendapat apresiasi dari warga, bahkan bertemu dengan pendukung pak Prabowo-Sandiaga, tapi tidak ada gesekan," tutur Junen.

Perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin Habib Soleh Al Muhdar menyambut kedatangan mereka saat tiba di Kota Bandung. Habib Soleh juga melepas anggota Japati melanjutkan perjalanan mereka ke Jakarta.

"Saya ucapkan terima kasih dan ini menambah energi baru untuk memenangkan Jokowi. Saya dari TKN Jokowi-Ma'ruf Amin menyambut mereka di Bandung kemudian melepas untuk melanjutkan ke Jakarta," kata Habib Soleh.

Dia mengemukakan, aksi jalan kaki mereka sebagai gambaran umum bahwa warga Tasikmalaya dan Jawa Barat (Jabar) menginginkan Jokowi kembali memimpin Indonesia.

"Kami dari TKN Jokowi-Ma'ruf Amin akan menyambut mereka di Jakarta nanti. Yang pasti ini sumbangan besar dari relawan untuk pak Jokowi sekaligus bukti bahwa pak Jokowi diinginkan kembali memimpin Indonesia," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0044 seconds (0.1#10.140)