alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Longsor Cikijing, Pemkab Majalengka Utamakan Penyelamatan Manusia

Inin Nastain
Longsor Cikijing, Pemkab Majalengka Utamakan Penyelamatan Manusia
Bupati Majalengka Karna Sobahi saat meninjau lokasi longsor, Selasa (9/4/2019) sore. Foto/SINDOnews/Inin Nastain

MAJALENGKA - Menyikapi bencana alam tanah longsor yang menutup jalan raya jalur Majalengka-Kuningan, tepatnya di Desa Sindangpanji, Kecamatan Cikijing, Pemerintah Kabupaten Majalengka mengutamakan penyelamatan manusia terlebih dahulu. Untuk penanganan infrastruktur, Pemkab Majalengka akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

"Dalam hal emergency, kami menyelamatkan dulu kendaraan yang terjebak di sana. Kalau melihat kondisi (lokasi longsor), kan saya kira (akan ada) longsor susulan. Maka harus dicegah ada korban, sebisa mungkin tidak ada korban manusia," kata Bupati Majalengka Karna Sobahi saat meninjau lokasi longsor, Selasa (9/4/2019) sore.

Terkait penanganan jangka panjang, jelas dia, pihaknya terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan pusat. Sebab, infrastruktur terdampak musibah itu berada di bawah kewenangan pemerintah pusat.



"Ini jalannya kan jalan nasional. Tanggung jawab kami adalah nanti akan membuat laporan lengkap dan sekarang pun sudah dilaporkan. Kami bergerak, hanya ini kan tupoksinya nasional. Oleh karena itu kami akan berupaya terus berkoordinasi dengan pihak pusat untuk penanggulangan ini," papar dia.

Di tempat yang sama, Kapolres Majalengka AKBP Matiyono mengatakan, jajarannya sudah menentukan jalur alternatif yang bisa dilalui masyarakat.

"Kami melakukan penutupan total, kurang lebihnya akan memakan waktu 3 sampai 5 hari (penutupan total). Selanjutnya kendaraan dari arah Ciamis, Tasikmalaya, Majalengka yang akan mengarah ke Kabupaten Kuningan kami alihkan di pertigaan jalan Desa Cidulang menuju arah jalan Cipulus, Kabupaten Kuningan," papar dia.

Hingga pukul 15.00 WIB, sebanyak mobil yang sempat terjebak longsoran berhasil dievakuasi. Masih ada dua mobil lagi yang dalam proses evakuasi.

Diberitakan sebelumnya, tanah longsor akibat dari tingginya curah hujan tidak hanya terjadi di beberapa desa di Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Senin (8/4/2019) malam, tanah longsor mengakibatkan jalan raya yang menghubungkan Majalengka-Kuningan, tepatnya Desa Sindangpanji, Kecamatan Cikijing. (Baca juga: Longsor Tutup Jalur Majalengka-Kuningan, Begini Penampakannya).



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif