alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

XL Bakal Perkuat Penetrasi Smartphone untuk Dongkrak Penggunaan Data

Arif Budianto
XL Bakal Perkuat Penetrasi Smartphone untuk Dongkrak Penggunaan Data
Direktur Keuangan XL Axiata Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin (tengah) dan Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya (kedua kanan) beserta jajaran manajemen XL lainnya saat memaparkan rencana 2019 dan pencapaian XL 2018. Foto/Istimewa

BANDUNG - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) akan fokus meningkatkan penetrasi smartphone untuk mendongkrak penggunaan data. Upaya tersebut dilakukan setelah pendapatan data menyokong pendapatan layanan XL Axiata pada 2018 lalu.

Direktur Keuangan XL Axiata Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin mengatakan, guna mendorong pertumbuhan layanan data pada tahun ini, pihaknya akan memperkuat penetrasi smartphone. Hingga saat ini tingkat penetrasi telah mencapai 80% dari pelanggan.

"Kami berharap hingga akhir tahun 2019 ini penetrasi smartphone bisa terus meningkat lagi. Kami akan secara konsisten melakukan agenda transformasi sesuai program kami," kata Mohamed Adlan.



Beberapa langkah yang akan ditempuh perseroan untuk meningkatkan penetrasi smartphone yaitu fokus mengakuisisi pelanggan smartphone yang merupakan heavy user layanan data, khususnya layanan data 4G. Dengan demikian, traffic data akan bisa terdorong kuat yang didukung oleh pertumbuhan traffic 4G.

Dalam paparan kinerja XL Axiata saat Media Gathering di Banyuwangi akhir pekan lalu, Adlan menyebut, sejak 2016 penggunaan data XL Axiata terus meningkat. Kondisi itu cukup menopang pendapatan perseroan, di tengah penurunan kontribusi pendapatan voice dan SMS.

Adlan optimistis, kontribusi layanan data pada total pendapatan perusahaan akan terus meningkat seiring dengan berbagai upaya yang ditempuh perusahaan. Dia berharap, hingga akhir tahun nanti kontribusi layanan data akan terus meningkat secara signifikan. Dengan demikian, penurunan pendapatan yang berpotensi akan terus terjadi pada layanan voice dan SMS tidak akan terlalu berpengaruh pada total pendapatan.
 
"Hingga akhir tahun 2018 lalu, kontribusi pendapatan data terhadap total pendapatan layanan telah mencapai 82%, meningkat dari 69% di tahun 2017. Pencapaian tersebut berhasil mendorong peningkatan EBITDA tahun 2018 sebesar 2% dibandingkan tahun sebelumnya," jelas dia.

Kinerja XL Axiata di tahun 2018 secara rata-rata telah mengungguli kompetitor, baik untuk pertumbuhan revenue maupun pertumbuhan EBITDA. Adlan berharap hingga akhir tahun pendapatan XL Axiata bisa ditingkatkan minimal selaras bahkan di atas rata-rata industri.



(zik)