Wali Kota Cimahi: Luangkan Waktu 5 Menit untuk Bangsa 5 Tahun ke Depan

Minggu, 07 April 2019 - 12:39 WIB
Wali Kota Cimahi: Luangkan Waktu 5 Menit untuk Bangsa 5 Tahun ke Depan
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana, dan Ketua KPU Cimahi Mochamad Irman melepas peserta KPU Run, Minggu (7/4/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi menggelar KPU Run yang merupakan rangkaian kegiatan serentak KPU di seluruh Indonesia pada Minggu (7/4/2019).

Kegiatan lari sejauh 5 kilometer (km) ini diikuti oleh 500 peserta. Tampak hadir Ketua KPU Kota Cimahi Mochamad Irman, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, dan Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana.

Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengajak masyarakat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Rabu 17 April 2019 mendatang.

Jangan sampai biaya besar yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk sosialisasi dan menyelenggarakan Pemilu 2019, kata Ajay, tidak direspons baik dengan kehadiran masyarakat ke TPS.

Ajay berterima kasih kepada KPU Kota Cimahi yang terus menggelar sosialisasi secara intensif sehingga warga menjadi antusias. Dia bangga dengan angka partisipasi pemilih pada Pilgub Jabar 2018 lalu.

Saat itu dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Jabar di Kota Cimahi sebanyak 362.866 pemilih, angka partisipasinya mencapai hingga 80,81% atau setara dengan 293.243 suara.

Untuk itu Ajay berharap angka partisipasi pemilih pada Pilpres dan Pileg 2019 ini bisa naik mencapai 90%. "Warga harus datang ke TPS, luangkan waktu 5 menit untuk arah pembangunan bangsa 5 tahun ke depan," kata Ajay di lokasi acara.

Biaya besar yang dikeluarkan dari APBN dan APBD, ujar Ajay, jangan sampai sia-sia karena warga tidak datang ke TPS. "Saya yakin untuk di Cimahi partisipasi pemilih bisa hingga 90% atau naik dibandingkan waktu Pilgub Jabar 2018 lalu," ujar dia.

Sementara itu konsep yang diusung dalam KPU Run Kota Cimahi yang mengambil start di Kantor Pemkot Cimahi dan finish di Kantor DPRD Cimahi adalah wisata demokrasi.

Oleh karena itu peserta yang hadir diajak untuk bergembira, santai, dan menyenangkan. Turut ditampilkan pula peserta lari yang mengenakan seragam superhero untuk menghibur masyarakat.

"Kegiatan sosialisasi ini serentak dilakukan hari ini atau sepuluh hari jelang pencoblosan. Maksudnya adalah mengingatkan dan mengajak masyarakat datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya," kata Ketua KPU Kota Cimahi Mochamad Irman.

Menurut dia, KPU Run yang digelar berbarengan dengan acara Car Free Day di Cimahi juga dimaksudkan mengajak masyarakat berolahraga. Momentum ini sekaligus untuk menjaga silaturahmi, meskipun dalam pemilu berbeda pilihan tapi persatuan dan persaudaraan harus tetap dijaga.

Pesta demokrasi, ujar dia, harus dilakukan dengan bahagia, enjoy, dan menyenangkan, bukan saling serang atau menjelekkan.

"Kami menyebutnya wisata demokrasi. Jadi semua orang harus senang dan bahagia. Tak terkecuali saudara-saudara kita dari kalangan disabilitas yang juga dilibatkan dalam kegiatan ini," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1854 seconds (0.1#10.140)