alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Banjir Akibat KBU Rusak, Farhan Desak Pemprov Lakukan Konservasi

Agung Bakti Sarasa
Banjir Akibat KBU Rusak, Farhan Desak Pemprov Lakukan Konservasi
Politikus Partai NasDem Muhammad Farhan. Foto/Istimewa

BANDUNG - Dalam sebulan terakhir, bencana banjir melanda sejumlah kawasan di Kota dan Kabupaten Bandung. Bahkan akibat tingginya curah hujan sehingga Sungai Citarum meluap, menyebabkan kawasan Dayeuhkolot dan Baleendah dilanda banjir.

Sejumlah pihak telah mencari solusi untuk mengatasi bencana yang telah menjadi langganan setiap musim hujan itu. Salah satu solusi ditawarkan oleh politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) Muhammad Farhan.

Farhan mengatakan, akan mendesak Pemprov Jawa Barat agar segera melakukan konservasi lahan resapan air di Kawasan Bandung Utara (KBU).



Farhan menilai, rusaknya lahan resapan di KBU sebagai salah satu penyebab utama bencana banjir yang kerap melanda wilayah Bandung Raya. Konservasi lahan KBU mendesak dilakukan agar potensi banjir musiman tersebut bisa ditekan.

Calon anggota legislatif (caleg) DPR dari daerah pemilihan (dapil) Jabar I (Kota Bandung dan Kota Cimahi) itu menyatakan, persoalan banjir ini harus segera ditangani, agar tidak terus terulang.

"Kalau saya ditempatkan di Komisi IV, maka saya akan meminta perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memperhatikan konservasi tanah resapan air di KBU (kawasan Bandung Utara) karena eta (itu) biang keroknya," kata Farhan di Bandung, Jumat (5/4/2019).

Tidak hanya itu, ujar Farhan, dia pun siap melakukan advokasi agar Pemprov Jabar lebih memperhatikan pembangunan infrastruktur pengendali banjir.

"Kalau saya tidak ada di dua-duanya, maka yang harus saya lakukan adalah bagaimana membangun jejaring penanggulangan bencana dan penanggulangan korban bersama Kementerian Sosial, dinas sosial, dan Tagana," ujar dia.

Farhan yang juga dikenal sebagai presenter kondang ini menuturkan, selain persoalan banjir, dia pun siap mendorong pengembangan seni dan budaya, terutama musik. Sebab Bandung sejak lama dikenal sebagai lambung musisi andal.

"Kami harus menjadikan Bandung untuk mengekspor produk budaya Jawa Barat. Contohnya kami kan punya banyak sekali artis-artis top asal Kota Bandung, Jawa Barat di level nasional. Nah, ini kita dorong mesti ke level internasional," tutur Farhan.

"Bagaimana caranya? Ya kita mesti melihat mana seniman-seniman dengan karya seni yang laku di festival-festival internasional. Nah itu yang mesti didorong, mesti difasilitasi," ungkap dia.

Farhan juga akan berupaya mewujudkan aspirasi dari pada seniman, baik seni musik, seni rupa, seni tari, seni drama maupun seni literasi dalam menjadikan Kota Bandung sebagai inkubator seniman.

"Bandung harus jadi inkubator. Caranya, harus didorong penyediaan fasilitas inkubator para seniman dari berbagai macam jenis seni," tandas Farhan.



(awd)