Tingkatkan Tangkapan Ikan, Ribuan Nelayan Gunakan Aplikasi Laut Nusantara

Jum'at, 05 April 2019 - 09:34 WIB
Tingkatkan Tangkapan Ikan, Ribuan Nelayan Gunakan Aplikasi Laut Nusantara
XL Axiata memberikan bantuan CSR handphone Aplikasi Laut Nusantara dan perbaikan kapal nelayan di Banyuwangi. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANYUWANGI - Ribuan nelayan di Indonesia telah mengunduh aplikasi Laut Nusantara (LN). Aplikasi tersebut membantu nelayan untuk meningkatkan produktivitas tangkapan ikan di Indonesia.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, hingga kini jumlah pengunduh LN telah mencapai 10.000. Aplikasi tersebut telah tersebar di 11 daerah di Indonesia.

“Kami bekerja sama dengan Balai Riset dan Observasi Laut. Mereka yang memberi input letak di mana ikan berada. Informasi itu diakses para nelayan melalui aplikasi LN,” kata Yessie saat pemberian CSR ALN di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi Kota, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (4/4/2019).

Sementara itu, pemberian CSR kepada nelayan Banyuwangi merupakan upaya sosialisasi yang terus dilakukan XL kepada nelayan di Indonesia. Lebih dari 100 nelayan yang mengikuti program sosialisasi aplikasi Laut Nusantara.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, Banyuwangi merupakan salah satu sentra penghasil ikan laut terbesar di Jawa Timur. Banyak masyarakat nelayan dengan perahu-perahu bermesin kecil di bawah 5 gross ton.

Karena itu, kami hadir kepada mereka untuk mengenalkan aplikasi Laut Nusantara guna membantu mendorong produktivitas hasil tangkap mereka.

Dian melanjutkan, sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara sekaligus merupakan bagian dari upaya XL Axiata membantu pemerintah menyiapkan masyarakat di semua lapisan ekonomi, dengan berbagai profesi, memasuki era digital.

Sosialisasi ini juga memberikan pemahaman kepada masyarakat nelayan untuk secara maksimal memanfaatkan smartphone dan layanan data yang diaksesnya guna meningkatkan produktivitas kerja.

Melalui sarana digital, nelayan bisa mendapatkan sumber informasi bermanfaat yang bisa membantunya menemukan lokasi tempat ikan berada, sekaligus memberikan panduan keselamatan kerja.

Bersamaan dengan sosialisasi, XL Axiata juga membekali para peserta dengan smartphone yang di dalamnya sudah terpasang aplikasi Laut Nusantara. Selain itu, di perangkat tersebut sudah terpasang kartu SIM XL Axiata berikut paket data internet cepat.

Sebelumnya, para nelayan sudah terlebih dulu mendapatkan pelatihan bagaimana cara menggunakan aplikasi Laut Nusantara.

Aplikasi “Laut Nusantara” yang dibangun selama kurang lebih 5 bulan ini didukung basis informasi yang lengkap dan real time. Serta sumber data sepenuhnya dari Balai Riset dan Observasi Laut (BROL).

Sebagai lembaga riset dan observasi kelautan di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan, BROL memiliki data kelautan yang sangat lengkap dan sangat berguna untuk pengembangan di bidang kelautan, termasuk manfaat praktis bagi nelayan kecil.

Data-data dari BROL juga up to date dan berdasarkan riset dan observasi laut di seluruh wilayah nusantara. Semua informasi kelautan yang terdapat dalam Aplikasi Laut Nusantara ini didapat secara langsung dari stasiun bumi Balai Riset dan Observasi Laut, sehingga tidak diragukan keakuratannya. Updating data dilakukan setiap tiga hari berdasarkan data dari satelit khusus.

Sementara itu, data yang bersifat prakiraan berdasarkan analisa data selama 20 tahun ke belakang. Tim XL Axiata dan BROL sebelumnya sudah melakukan penelitian dan survei ke sejumlah komunitas nelayan di berbagai daerah untuk mengetahui kebutuhan mereka terkait informasi seputar aktivitas penangkapan ikan.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0072 seconds (0.1#10.140)