alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kemendikbud Tetapkan Candi Batujaya sebagai Cagar Budaya Nasional

Nilakusuma
Kemendikbud Tetapkan Candi Batujaya sebagai Cagar Budaya Nasional
Kompleks Candi Batujaya telah ditetapkan menjadi cagar budaya nasional. Foto/Istimewa

KARAWANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang menyatakan kompleks Candi Batujaya di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Karawang Jawa Barat, dinyatakan sebagai Kawasan Cagar Budaya Nasional.

Penetapan itu dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak 11 Maret 2019 lalu. Kompleks Candi Batujaya merupakan situs tertua di Indonesia.

"Pemerintah pusat sudah menetapkan percandian Batujaya sebagai kawasan cagar budaya nasoinal setelah pemerintah daerah mengajukan permohonan. Prosesnya memakan waktu cukup lama, namun kami bisa meyakinkan pemerintah pusat setelah dilakukan penelitian di kompleks percandian tersebut," kata Kabid Kebudayaan Disparbud Firman Sofyan, Kamis (4/4/2019).



Menurut Firman, sebelum ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya nasional, sebelumnya Pemkab Karawang meminta bantuan tim ahli dari Provinsi Jawa Barat untuk melakukan kajian di kompleks Candi Batujaya.

Dari hasil kajian tersebut disebutkan terdapat 500 hektare luas lahan komplek candi yang dibagi dalam dua zona, yaitu zona inti dan penyangga. Zona inti ditetapkan seluas 337 hektare, yang di dalamnya terdapat 62 candi. "Sisanya merupakan zona penyangga jadi seluruhnya 500 hektare," ujar dia.

Firman menuturkan, berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui jika kompleks Candi Batujaya telah berdiri sejak abad ke-4 Masehi. Percandian tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang berfungsi untuk tempat peradaban religi masyarakat Hindu dan Budha saat itu.

Bahkan jauh sebelum itu diketahui ada artefak dan fosil prasejarah masyarakat Buni. "Karena sudah menjadi kawasan cagar budaya nasional, perawatan kompleks candi ini menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Ini bisa meringankan pemerintah daerah dalam mengurus kompleks Candi Batujaya," tutur Firman.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif