Ketua Kwarcab KBB Minta Pramuka Bantu Korban Bencana

Rabu, 03 April 2019 - 21:56 WIB
Ketua Kwarcab KBB Minta Pramuka Bantu Korban Bencana
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB Aseng Djunaedi (kiri) seusai melakukan pembaretan kepada Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Kwarcab Pramuka KBB Kosasih, Rabu (3/4/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung Barat (KBB), Aseng Djunaedi meminta anggotanya turut andil dalam membantu korban bencana.

Hal tersebut ditegaskan Aseng seusai melakukan pembaretan sejumlah pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka KBB yang dilakukan di Ciwangun Indah Camp (CIC), Cisarua, KBB, Rabu (3/4/2019).

"Pramuka KBB harus bisa menancapkan bendera di saat terjadi bencana. Artinya seluruh anggotanya harus paling depan membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam," tegas Aseng.

Aseng yang menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan Pemda KBB menyebutkan, pramuka harus dapat berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial.

Sebab kedua instansi tersebut menjadi lembaga pemerintahan yang berkaitan langsung dengan penanganan bencana baik sebelum, pada saat, dan setelah bencana terjadi di masyarakat.

Oleh karena itu, lanjut dia, dengan dikukuhkannya dan dilakukan pembaretan kepada pemilik CIC, Kosasih, sebagai Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana menjadi sebuah kekuatan.

Kapasitas dan pengalamannya selama ini dipastikan bakal berdayaguna dalam menanggulangi atau mengantisipasi bencana. Apalagi KBB merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki kerentanan bencana cukup tinggi.

"Kehadiran Kak Kosasih menambah kekuatan Kwarcab Pramuka KBB. Terutama kekuatan di wilayah utara yang akan kami jadikan sebagai pusat Diklat (Pendidikan dan Latihan) termasuk dalam penanganan bencana," tuturnya.

Seusai pembaretan, Kosasih mengatakan ketertarikannya masuk di kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka KBB karena melihat begitu kuatnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan di organisasi ini.

Program yang digulirkan Pramuka, lebih ditekankan pada jiwa sosial kemasyarakatan, yang membuatnya ingin terlibat di dalamnya. "Pramuka memiliki program katara, karasa dan karampa, bukan hanya janji. Itu yang membuat saya tertarik untuk bergabung," ucapnya.

Pengukuhan pengurus periode 2018-2023 ini disaksikan Pengurus Kwarcab, Pengurus DKC, DKR, Kwaran, dan Mabisa. Pembaretan juga dilakukan kepada Mayor TNI Ujang Ruchiyat, Ade Usman, dan Pandu Supriyadi sebagai Andalan Cabang Penanggulangan Bencana; Iing Sopian dan Arif Rachman sebagai Andalan Cabang Siaga Putera; Dewi Sukma Muharromi sebagai Andalan Cabang Siaga Putri; Dian Adidarma sebagi Andalan Cabang Penegak Puteri.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.5013 seconds (0.1#10.140)