RKIH Dorong Kabupaten Pangandaran Jadi Wisata Dunia

Rabu, 03 April 2019 - 21:46 WIB
RKIH Dorong Kabupaten Pangandaran Jadi Wisata Dunia
Calon anggota DPR dari Partai Perindo Linda Kartika Dewi bersama Dewan Pakar RKIH Mayjen TNI Suharno dan Ketua Umum RKIH Kris Budihardjo. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) mendorong potensi alam yang ada di Kabupaten Pangandaran untuk menjadi wisata kelas dunia.

Dewan Pakar RKIH Mayor Jendral (Mayjen) TNI Suharno yang juga sebagai calon Dewan Pimpinan Daerah (DPD) nomor urut 60 mengatakan, RKIH fokus pada persoalan sosial, ekonomi dan budaya. "Pangandaran ini daerah wisata yang sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi wisata dunia," kata Suharno.

Suharno mengemukakan, organisasi RKIH dari pengurus pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota akan bersama-sama dengan pemerintah daerah mendorong ketiga aspek yang menjadi fokus garapan RKIH.

"Tidak menutup kemungkinan, RKIH bakal menggagas akses wisata dari Bandung ke Pangandaran dengan sarana transportasi helikopter," ujar dia.

Untuk bidang pertanian, RKIH bakal membahas bersama kesulitan apa yang terjadi di masyarakat selama bertani dari proses hingga pemasaran.

Begitu juga masalah sosial yang kerap terjadi di masyarakat, RKIH akan komitmen menyelesaikan bersama dengan akses yang sudah terjalin dengan baik.

"Potensi lokal yang ada seperti UMKM, kegiatan ibu rumah tangga bakal kami fasilitasi dalam bentuk permodalan atau KUR," tutur Suharno.

Ketua Umum RKIH Kris Budihardjo mengatakan, RKIH sebagai mana yang dikatakan Dewan Pakar RKIH, bahwa RKIH fokus mengembangkan potensi ekonomi, sosial dan budaya.

"RKIH ini organisasi lintas partai dan anggota juga kepengurusannya ada disetiap partai politik, namun memiliki komitmen untuk mengembangkan ke tiga sektor yaitu ekonomi, sosial dan budaya," kata Kris.

Kris menjelaskan, Pangandaran merupakan daerah yang subur yang menarik untuk dikembangkan, salahsatu contohnya banyak pohon pisang yang tumbuh kembang secara merata.

"Saya lihat daun pisang di Pangandaran sepintas saja sudah bagus, itu potensi yang harus digali bersama agar bermanfaat secara ekonomi," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga salah satu calon anggota DPR dari Partai Perindo Daerah Pilihan Pangandaran, Banjar, Ciamis, dan Kuningan nomor urut 1 Linda Kartika Dewi.

Linda mengatakan, aksestransportasi yang sudah ada bakal dikembangkan dan dikemas melalui program yang terintegrasi. "Wacana reaktivasi rel kereta api salah satu penunjang yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mendorong perekonomian," kata Linda.

Linda berharap, wacana dan rencana pengembangan wisata wilayah di Kabupaten Pangandaran bisa memberikan manfaat yang dirasakan oleh masyatakat secara menyeluruh.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1681 seconds (0.1#10.140)