Bangun Stadion untuk Porda, Pemda KBB Dapat Anggaran Rp250 M dari Pemprov

Senin, 01 April 2019 - 16:43 WIB
Bangun Stadion untuk Porda, Pemda KBB Dapat Anggaran Rp250 M dari Pemprov
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) KBB Ade Sudiana (kiri) dan Kabid Pemuda dan Olahraga Dadang Robbani (tengah). Dispora KBB tengah mengemban tugas prestisius untuk mempersiapkan KBB sebagai tuan rumah Porda Jabar 2022. Foto/SINDOnews/Adi Haryant
A A A
BANDUNG BARAT - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal mendapatkan dukungan anggaran total Rp250 miliar dari Pemprov Jabar untuk pembangunan stadion. Rencananya stadion bertaraf internasional tersebut disiapkan untuk kepentingan Porda Jabar XIV Tahun 2022 yang akan berlangsung di KBB, Kabupaten Subang, dan Kota Tasikmalaya.

"Data usulan pengajuan kami sudah masuk di data base provinsi dan KBB akan mendapatkan bantuan total Rp250 miliar untuk pembangunan stadion. Nantinya anggaran tersebut akan dicairkan dalam tiga tahap, untuk tahap pertama di tahun 2020 akan turun sebesar Rp60 miliar," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) KBB Ade Sudiana didampingi Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dadang Robbani di Ngamprah, Senin (1/4/2019).

Dia menyebutkan, kebutuhan anggaran Rp250 miliar itu sudah berdasarkan estimasi tim teknis Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pola pendanaan dilakukan dengan sistem multiyears. Tahun 2021 anggaran tahap dua turun senilai Rp150 miliar, dan tahap ketiga pada tahun 2022 sebesar Rp40 miliar. Stadion tersebut dibangun di lahan seluas kurang lebih 30 hektare dan feasibility study (FS)-nya akan dilakukan di akhir tahun.

Selain itu pihaknya juga sedang mengupayakan mengajukan bantuan ke pemerintah pusat senilai Rp200 miliar. Jika anggaran itu terealisasi, bisa dipergunakan untuk membangun sarana dan prasarana pendukung lainnya. Ini dikarenakan, meski jadi tuan rumah bersama, KBB akan menjadi tuan rumah yang paling banyak menggelar perlombaan yakni sebanyak 27 cabang olahraga (cabor) dari total 60 cabor.

"Sesuai dengan keinginan Pak Bupati bahwa KBB harus menjadi tempat grand opening ceremony dan juga closing ceremony. Maka dari itu keberadaan stadion yang representatif menjadi syarat mutlak," kata dia.

Selain mempersiapkan sarana dan prasarana, sambung Dadang, Dispora juga bekerja sama dengan berbagai induk cabor termasuk dengan KONI KBB dalam mempersiapkan atlet. Sebab, kesuksesan dalam penyelenggaraan juga harus diikuti dengan sukses prestasi, sehingga penjaringan atlet-atlet berprestasi sudah dipersiapkan dari sekarang. Selain itu, tentu porda akan mengangkat nama KBB di tingkat regional dan nasional, termasuk juga dampak positif ke sektor pariwisata, tenaga kerja, ekonomi, dan lain-lain.

Menurutnya, tuan rumah porda ini jadi kebanggaan yang harus disukseskan semua pihak. KBB yang baru berusia 12 tahun sudah berani menjadi tuan rumah padahal banyak kabupaten/kota di Jabar yang lebih tua usianya belum sanggup merealisasikannya.

"Di sisi prestasi kami juga mendapatkan pendampingan dari provinsi melalui SP3OR (Sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan Olahraga). Semoga dengan komitmen ini KBB nantinya bisa sukses dalam penyelenggaraan dan juga prestasi."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7187 seconds (0.1#10.140)