alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pelangi Unik Muncul di Majalengka, Ini Penjelasan BMKG Jatiwangi

Inin Nastain
Pelangi Unik Muncul di Majalengka, Ini Penjelasan BMKG Jatiwangi
Foto/Istimewa

MAJALENGKA - Jumat (29/3/2019) sore kemarin sebagian warga Majalengka, Jawa Barat, khususnya warganet, dihebohkan dengan penampakan pelangi yang bentuknya cukup unik dan indah. Berbagai spekulasi pun bermunculan menanggapi hal itu.
Beberapa warganet menyebut pemandangan itu biasanya sebagai tanda pergantian musim, dari hujan ke kemarau. Kendati begitu, secara umum, sebagian besar warganet mengaku kagum dengan fenomena alam itu.

Terkait pemandangan tersebut, Prakirawan BMKG Stasiun Meterologi Jatiwangi Ahmad Faa Iziyn menjelaskan, penampakan pelangi 'nguir' itu dipicu oleh fenomena alam lainnya, yakni awan. Dia menjelaskan, posisinya yang berada di sekitar awan, menyebabkan pelangi tersebut muncul dengan bentuk demikian.

"Pelangi yang kemarin itu terjadi di sekitar awan dan tanpa adanya hujan. Cahaya matahari yang masuk ke dalam awan yang banyak mengandung partikel air," kata Faiz, demikian dia biasa disapa, Sabtu (30/3/2019).



Pelangi, jelas dia, terjadi sebagai akibat dari sejumlah proses. "Bertemunya cahaya matahari dengan awan-awan yang tercipta dari butiran-butiran air ini akan membuat reaksi, yaitu awan akan memantulkan, membiaskan dan membelokkan cahaya dengan cara-cara yang sama," jelasnya.

Dari berbagai proses tersebut, maka muncullah cahaya dengan warna-warna dan juga panjang gelombang yang berbeda-beda. "Dari warna dan panjang gelombang yang berbeda-beda ini maka terbentuklah pelangi," ujarnya.

Terkait ada anggapan bahwa fenomena itu sebagai tanda pergantian musim, Faiz menjelaskan, dilihat dari disiplin ilmu BMKG, hal itu tidak memiliki keterkaitan. (Baca juga: Aneh, Pelangi Berputar Muncul di Langit Majalengka pada Jumat Sore).



(zik)