Dimarahi Pasien yang Buka Masker, Perawat RSU Gunung Jati Positif Corona

Rabu, 22 April 2020 - 18:22 WIB
loading...
Dimarahi Pasien yang Buka Masker, Perawat RSU Gunung Jati Positif Corona
Foto/ilustrasi.istimewa
A A A
CIREBON - Seorang perawat di RSD Gunung Jati, Kota Cirebon, positif terjangkit virus corona (Covid-19) setelah dimarahi pasien yang dirawat. "Saya mendapatkan informasi dari pihak rumah sakit, bahwa ada salah satu karyawan yang merupakan perawat itu positif Covid-19," kata Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis di Cirebon, Rabu (22/4/2020).

Azis mengatakan penularan virus corona berawal pasien yang pernah berobat ke RSD Gunung Jati dan sempat marah-marah akibat ruang isolasi yang tidak baik. Ketika itu perawat melayani semua keperluan pasien yang saat ini dinyatakan positif corona dan dirawat di RSUD Waled.

"Saat itu pasien sempat membuka masker sambil marah-marah dan yang menanganinya itu perawat yang saat ini dinyatakan positif," ujar dia.

Azis menuturkan saat masuk ke RSD Gunung Jati, pasien yang sempat marah-marah tersebut masih berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan setelah dirujuk ternyata positif Covid-19. Kemudian semua perawat yang sempat menangani dilakukan tes dan hasilnya baru dikirimkan setelah 20 hari.

"Persoalannya adalah tenaga medis yang dinyatakan positif itu permohonan pengajuan pemeriksaan sudah 20 hari yang lalu. Dan di hari 20 baru mendapatkan hasilnya yaitu positif," kata Azis.

Setelah perawat itu dinyatakan positif, maka RSD Gunung Jati juga menelusuri 61 orang yang pernah kontak. Namun saat hanya 19 orang yang sudah diperiksa melalui 'CT scan' dan ada satu orang yang menunjukkan gejala, namun lainnya negatif.

Selain seorang perawat yang dinyatakan positif setelah 20 hari pemeriksaan, ada juga empat PDP yang telah pulang dan dinyatakan positif Covid-19.

"Memang ini terlalu lama, karena banyaknya pemeriksaan, maka terjadilah antrean yang panjang dan begitu dinyatakan positif kita kewalahan " kata dia.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)