alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Resmikan Novotel Karawang, Bupati Cellica Minta Pengusaha Hotel Berinovasi

Nila Kusuma
Resmikan Novotel Karawang, Bupati Cellica Minta Pengusaha Hotel Berinovasi
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana memukul gong meresmikan operasional Novotel Karawang. Foto/SINDOnews/Nila Kusuma

KARAWANG - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana meresmikan Hotel & Resort Novotel di Jalan Interchage, Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat, Jumat (29/3/2019). Hadirnya Novotel di Karawang merupakan bukti kepercayaan investor untuk berinvestasi di Kota Pangkal Perjuangan ini.

"Pemerintah Daerah bersama PHRI (pengurus hotel dan restoran Indonesia) dan pengusaha hotel sedang melakukan upaya untuk meningkatkan tingkat hunian hotel. Salah satu program kami yaitu akan mewajibkan ekspatriat yang bekerja di Karawang untuk tinggal atau menetap di Karawang. Mereka bisa sewa hotel atau apartemen selama bekerja di Karawang. Kami juga sedang membangun infrastruktur untuk mendukung program itu," kata Cellica seusai peresmian.

Menurut Cellica, saat ini tingkat hunian hotel di Karawang kurang dari 30 persen, salah satunya karena ekspatriat yang bekerja di Karawang memilih tinggal di daerah lain. Padahal, jumlah tenaga kerja asing di Karawang mencapai 2.500 lebih. Namun, yang memilih tinggal di Karawang hanya 500 orang, sedang yang lainnya memilih tinggal di luar Karawang.



"Ini tantangan buat kita bagaimana orang asing yang bekerja di Karawang, bisa tinggal di sini. Pengusaha perhotelan juga harus memikirkan kenapa hal itu bisa terjadi, mungkin karena faktor kenyamanan atau fasilitas yang perlu ditingkatkan lagi," ujarnya.

Hadirnya Novotel dengan fasilitas yang modern dan pelayanan profesional dapat mendorong ekspatriat itu tinggal di Karawang. Karena itu, dia meminta seluruh pengusaha hotel melakukan hal yang sama hingga akhirnya tingkat hunian meningkat.

"Sudah banyak hotel besar berdiri di Karawang dengan layanan yang baik. Hanya saja itu saja belum cukup dan harus terus berinovasi hingga orang merasa nyaman tinggal di Karawang," katanya. (Baca juga: Tenaga Kerja Asing Wajib Tinggal di Karawang).

General Manager Novotel Karawang Ary Risdijawan mengatakan, lokasi Novotel sangat strategis karena berdiri tepat di depan Bundaran Pintu Tol Karawang Barat. Setiap tamu yang datang ke Karawang melalui Pintu Tol Karawang Barat akan melihat pertama kali bangunan tinggi Novotel. Nantinya dia berharap bundaran itu akan disebut orang sebagai Bundaran Novotel. "Seperti bundaran di depan Hotel Indonesia (HI) disebutnya juga Bundaran HI," kata Ary.

Menurut Ary, Novotel Karawang memiliki 172 kamar dan tiga outlet makan meliputi Restoran Nuance yang menyuguhkan hidangan spesial Asia dan western, lobby bar, dan poolside bar. Dia optimistis Novotel mampu bersaing dalam bisnis perhotelan di Karawang.

"Kamar hotel kami juga ada yang menghadap hamparan sawah, itu bagus untuk pemandangan."



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif