Prabowo Bocorkan Nama-Nama Calon Menterinya

Kamis, 28 Maret 2019 - 16:12 WIB
Prabowo Bocorkan Nama-Nama Calon Menterinya
Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto kampanye di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Jabar, Kamis (28/3/2019). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto yakin meraih kemenangan di ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Bahkan, dia buka-bukaan soal sosok-sosok calon menteri yang bakal duduk di kabinetnya.

Sikap optimisme tersebut ditunjukkan Prabowo saat melakukan kampanye terbuka di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis (28/3/2019). Kampanye terbuka juga dihadiri para petinggi partai koalisi pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi), mulai dari petinggi PKS, PAN, Demokrat, dan Partai Berkarya.

Menyaksikan ribuan orang pendukungnya hadir dalam kampanye tersebut, Prabowo menyatakan, perubahan kepemimpinan nasional sudah semakin dekat. Dia mengaku kagum atas semangat pendukungnya yang hadir tanpa iming-iming apa pun.

"Saudara datang ke sini dikasih duit atau tidak? Saudara tidak dikasih duit karena memang kita tidak punya duit," ujar Prabowo.

Dalam kesempatan itu, Prabowo mengaku sudah memiliki gambaran terkait sosok menteri-menteri yang akan duduk di kabinetnya. Dia menyebut, para petinggi parpol koalisi pengusung Prabowo-Sandi merupakan sosok-sosok pilihannya untuk menempati jabatan menteri.

Menurut Prabowo, 'bocoran' tentang sosok-sosok yang akan menjadi menterinya itu merupakan bentuk keterbukaannya kepada rakyat. Terlebih, dia mengaku enggan dicap beli kucing dalam karung dalam mengelola negara ketika kelak terpilih sebagai presiden.

"Saya ini nggak pinter, makanya saya dikelilingi oleh orang pinter. (Presiden) Ini pekerjaan susah. Makanya harus cari orang-orang pintar. Itu orang-orang pintar ada di belakang saya," katanya.

Prabowo kemudian memanggil satu per satu petinggi parpol koalisi pengusung Prabowo-Sandi yang hadir dalam kampanye tersebut, di antaranya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Presiden PKS M Sohibul Iman, dan Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kalau gue jadi presiden, mana yang pantes (masuk) di kabinet? Ngapain saya sembunyi-sembunyi? Jangan beli kucing dalam karung. AHY pantes jadi menteri? Kenapa? Jangan karena ganteng aja yah!" ujar Prabowo kepada pendukung yang hadir.

Prabowo menyebut, AHY memiliki kapasitas dan keilmuan yang baik. Selain lulusan Harvard, AHY pun sangat peduli dengan rakyat karena mengorbankan kariernya di militer.

"Lu tau berapa orang Indonesia yang lulusan dari Harvard? Dua orang tiga orang. Dia (AHY) bisa hidup enak kalau dia mau, tinggal di luar negeri. Tapi dia lebih memilih mengabdi kepada rakyat, mengorbankan kariernya di TNI," bebernya.

Pujian pun Prabowo sampaikan kepada Sohibul Iman yang disebutnya sebagai sosok yang pintar karena mengenyam pendidikan hingga S3. Prabowo juga memuji Zulkifli Hasan yang disebutnya sudah mengabdi puluhan tahun di pemerintahan.

"Aher (mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan), bagaimana Aher? Dua kali jadi gubernur, pantas nggak kalau kita angkat jadi menteri?" tanya Prabowo.

"Eddy Soeparno (sekjen PAN), ahli keuangan. Hinca (Panjaitan/Sekjen Partai Demokrat) ini koboi dari Sumatera Utara. Jangan beli kuncing dalam karung. Kalau saya terang-terangan, negara kita harus kuat," sambung Prabowo seraya mengatakan, orang-orang di belakangnya merupakan orang-orang berkualitas dan pekerja keras.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9383 seconds (0.1#10.140)