Panen Sayuran Bersama Warga, Polres Cimahi Dukung Ketahanan Pangan saat Pandemi

Jum'at, 05 Juni 2020 - 22:09 WIB
loading...
Panen Sayuran Bersama Warga, Polres Cimahi Dukung Ketahanan Pangan saat Pandemi
Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki memanen sayuran bersama warga di Mapolsek Cisarua, KBB, sebagai upaya mendukung ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19, Jumat (5/6/2020). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki beserta jajarannya melakukan panen sayuran dan ikan lele bersama warga di Mapolsek Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (5/6/2020).

Tercatat ada sebanyak 50 warga yang berasal dari Kampung Cibadak dari RT 1,2,3, dan 4 di RW 2, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, KBB, yang antusias memanen sayuran bersama para polisi.

"Kami sengaja mengundang warga dalam bakti sosial untuk memperingati HUT ke-74 Bhayangkara dengan panen sayuran dan ikan lele. Kegiatan ini serentak dilakukan di 13 polsek yang ada di wilayah hukum Polres Cimahi," kata Yoris kepada wartawan.

Yoris menyebutkan, bakti sosial (baksos) kali ini juga sebagai upaya untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi COVID-19. (BACA JUGA: Update Corona Jabar: Tambah 12 Orang, Pasien Positif Jadi 2.366 )

Akibat pandemi ini banyak masyarakat yang kehidupannya terdampak karena tidak bisa bekerja dan kehilangan penghasilan. Sehingga menjadi tugas polisi sebagai pengayom masyarakat untuk bisa berkontribusi membantu sesama yang membutuhkan.

Menurutnya, sayuran yang ditanam seperti salada, pecay, dan brokoli, adalah hasil menanam para anggotanya di halaman Mapolsek Cisarua. Termasuk juga budidaya kolam ikan lele yang dilakukan cukup berhasil, karena hasilnya yang bisa dipanen besar-besar.

Ini menjadi bukti bahwa banyak anggota polisi yang memiliki kemampuan bertani dan beternak ikan. Sehingga bisa menjadi salah satu potensi dalam mendukung program ketahanan pangan. (BACA JUGA: Sejumlah Objek Wisata Bakal Dibuka, Pemprov Jabar Wajibkan Protokol Kesehatan Ketat )

"Program menanam ini akan dibuat rutin di setiap polsek dengan memanfaatkan halaman. Sebulan sekali kan pasti panen, sehingga hasilnya bisa dibagikan ke masyarakat sekitar," ucapnya. (BACA JUGA: DPRD Jabar Ingatkan Pemprov soal Ancaman Krisis Pangan Akibat Pandemi )

Salah seorang warga Kampung Cibadak yang juga Ketua RT 1/2, Seli (39) mengucapkan, terima kasih atas kesempatan langka bisa memanen sayuran di markas polisi bersama-sama dengan aparat penegak hukum.

Meskipun banyak warganya yang berprofesi sebagai petani dan terbiasa memanen sayuran, tapi suasana yang dirasakan kali ini sangat berbeda. Jadi seperti tidak ada jarak antara aparat dan warga karena semua membaur.

"Jelas sangat membantu, sayuran dan ikan lele ini bisa dikonsumsi keluarga untuk dua hari ke depan. Meski tadi lama nunggu tapi puas, karena bisa panen bareng bapak-bapak polisi," tuturnya.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)