alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hari Pertama UNBK, Ombudsman Temukan Ruang Kelas Tertutup Rapat

Arif Budianto
Hari Pertama UNBK, Ombudsman Temukan Ruang Kelas Tertutup Rapat
Kepala Ombudsman Jabar Henda Sri Lastoto. Foto/SINDOnews/Dok

BANDUNG - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/SMK/sederajat dilaksanakan serentak hari ini. Kendati mayoritas pelaksanaan di Jabar lancar, namun Ombudsman Provinsi Jabar mencatat terdapat beberapa kekurangan.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat Haneda Sri Lastoto mengatakan, Ombudsman mengambil beberapa sampel sekolah untuk dilakukan pemantauan.

Secara umum, pelaksanaannya terpantau lancar dan telah sesuai panduan pada Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional Tahun 2019.



“Namun demikian, terdapat beberapa catatan kecil, khususnya terkait ruang ujian yang masih tertutup sehingga tidak terpantau dari luar. Padahal, sebagaimana POS UN 2019, setiap ruang ujian harus memiliki pencahayaan dan ventilasi yang cukup,” kata Heneda, Senin (25/3/2019).

Menurut dia, kondisi ruangan tertutup mestinya disempurnakan. Mengingat kaca tertutup cat atau gorden tidak diperbolehkan.

Ombudsman, ujar dia, telah menyarankan kepada panitia untuk memperbaiki kondisi tersebut dengan membuka pencahayaan dan akses monitoring dari luar ruangan.

Dia mengemukakan, pada hari pertama UNBK, pihaknya tidak menemukan keterlambatan dalam memulai ujian. Hal ini dapat dipengaruhi oleh sinkronisasi yang dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan, sehingga tidak terdapat keterlambatan dalam segi pelaksanaan UNBK.

Meskipun UN tidak lagi menjadi syarat penentu kelulusan, ujar dia, namun integritas UN masih sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan UN yang berintegritas adalah tolok ukur pencapaian kualitas pendidikan yang berkualitas.



(awd)