Pemkab Purwakarta Gandeng Anggota TNI Jadi Sopir Bus Sekolah

Senin, 25 Maret 2019 - 11:56 WIB
Pemkab Purwakarta Gandeng Anggota TNI Jadi Sopir Bus Sekolah
Sebanyak lima mikrobus disiapkan Pemkab Purwakarta untuk mengantar jemput para pelajar di daerah terpencil. Yang menarik sopir bus sekolah itu adalah anggota TNI. Foto/Istimewa
A A A
PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta menggandeng anggota TNI untuk menjadi sopir bus sekolah di daerah terpencil. Anggota TNI ini pun memberikan pemahaman kepada siswa tentang nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto mengungkapkan, anggota TNI itu memiliki disiplin tinggi. Sehingga, kedisplinan itu diharapkan bisa menular kepada para pelajar. "Untuk kebutuhan sopir, pemerintah menggandeng aparat TNI. Pelajar di kami masuk sekolahnya mulai pukul 06.00 WIB. Di sepanjang perjalanan sopir bisa menjelaskan pemahaman kepada siswa terkait kebangsaan dan Pancasila," ujarnya, Senin (25/3/2019).

Terkait pengadaan armada sekolah, Purwanto menjelaskan, sebanyak lima unit mikrobus disiapkan untuk daerah terpencil, seperti Kecamatan Sukasari dan Kecamatan Maniis. Armada ini disiapkan guna memudahkan transportasi pelajar saat berangkat dan pulang sekolah. Selain itu, armada ini untuk menekan penggunaan kendaraan bermotor oleh pelajar yang belum cukup umur ke sekolah.

"Sudah lama kita keluarkan larangan pelajar di bawah umur bawa kendaraan ke sekolah. Karena, risikonya sangat tinggi. Adanya armada ini salah satunya untuk meminalisir penggunaan kendaraan bermotor ke sekolah," ujar Purwanto.

Camat Sukasari Jaya Pranolo mengaku sangat terbantu dengan adanya bus sekolah itu. Sebab, para pelajar SMP dan SMA bisa datang ke sekolah tanpa harus diantar oleh orang tuanya ataupun membawa kendaran ke sekolah sendiri. "Kalau bisa, armadanya ditambah," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5453 seconds (0.1#10.140)