Genre Siapkan Remaja agar Bisa Membawa Indonesia Lebih Maju

Minggu, 24 Maret 2019 - 14:44 WIB
Genre Siapkan Remaja agar Bisa Membawa Indonesia Lebih Maju
Para Duta Genre Kabupaten Karawang dan Duta Genre Jabar dari Jalur Pendidikan Renaldy Agung Pratama hadir dalam sosialisasi Genre di Kelurahan Balong Gandu, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang. Foto/Istimewa
A A A
KARAWANG - Remaja, usia manusia yang sedang menghadapi banyak problematika. Sikap, pemikiran, dan psikologi yang belum matang membuat mereka rentan melakukan hal-hal negatif.

Karena itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberi perhatian serius dan besar kepada remaja. Salah satunya melalui program Generasi Berencana (Genre) untuk melindungi dan mencegah mereka dari hal-hal negatif. Sebab, remaja yang kelak harus bisa membuat Negara Indonesia lebih maju.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang Warja Sudarajat dalam acara sosialisasi sosialisasi Pembangunan Keluarga melalui Genre di Kelurahan Balong Gandu, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang.

“Saya harapkan, peserta yang hadir menyosialisasikan program Genre ini kepada teman atau kerabat. Di Karawang terdapat kurang lebih 850.000 atau 27,6 persen dari total penduduk. Mereka harus dilindungi, diberi wawasan dan arahan agar meraih masa depan gemilang," kata Warja.

Dia mengemukakan, Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Sedangkan Kabupaten Karawang masuk ke dalam 5 besar dalam jumlah penduduk terbesar di Jabar. "Pembangunan ketahanan keluarga menjadi salah satu konsern pemerintah Indonesia," ujar dia.

Kegiatan sosialisasi Genre tersebut selain dihadiri 250 peserta, tampak hadir pula Putri Komarudin dari Komisi IX DPR mitra kerja BKKBN. Selain itu, hadir Agnes Aryanti dari BKKBN Provinsi Jabar. Serta Duta Generasi Berencana (Genre) Jawa Barat dari Jalur Pendidikan Renaldy Agung Pratama dan Duta Genre Kabupaten Karawang.

Agnes mengatakan, materi Genre diberikan kepada ibu bapak dalam kelompok BKR atau bina keluarga remaja. Melalui Genre, remaja diharapkan dapat merencanakan pendidikan dan pekerjaan.

"Kalaupun terpaksa menikah, remaja bisa merencanakan pernikahannya. Program Genre untuk memfasilitasi remaja agar dapat tumbuh, tegar dan tegak secara positif," kata Agnes.

Remaja diharapkan mengenal program-program di BKKBN khususnya untuk usia mereka. "BKKBN konsern menjauhkan remaja dari perilaku seks bebas, menikah muda, dan dari penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (napza),” ujar dia.

Dia pengujung acara, Putri komarudin memberikan beberapa pertanyaan kepada para peserta. Yang bisa menjawab pertanyaan, mendapatkan doorprize yang telah disiapkan penyelenggara. Acara pun dimeriahkan oleh penampilan penyanyi lokal Karawang yang menghibur peserta.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5563 seconds (0.1#10.140)