DPR Dorong Kemudahan Ekspor Produk Pertanian Lokal

Sabtu, 23 Maret 2019 - 22:09 WIB
DPR Dorong Kemudahan Ekspor Produk Pertanian Lokal
Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Ekspor komoditi pertanian Indonesia terus digenjot untuk ditingkatkan, agar produk dalam negeri bisa lebih dikenal lagi di mancanegara. Untuk itu, DPR RI segera mengesahkan undang-undang baru guna memperkuat Badan Karantina, sehingga memberi keleluasaan dan kemudahan untuk pasar ekspor.

Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, selama ini uekspor produk pertanian terkendala rekomendasi Badan Karantina Indonesia yang kurang dipercaya negara tujuan. Sebab, negara penerima ekspor biasanya menerima produk pertanian Indonesia jika dokumen ekspornya diterbitkan Badan Karantina Malaysia.

"Melalui undang-undang ini kami perkuat Badan Karantina dan petani lebih mudah melakukan ekspor sendiri komoditasnya. Karena dengan pola lama maka ada profit yang terpangkas oleh negara tujuan," ucapnya saat ditemui di Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (23/3/2019).

Menurutnya, dengan undang-undang baru ini Badan Karantina disiapkan bergabung dengan Balai Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan dalam memudahkan rekomendasi keluar masuk barang. Hal tersebut sangat penting dalam perang dagang seperti sekarang. Ini menjadi satu proteksi bagi NKRI. Kalau karantinanya bagus, barang dari luar tidak mudah masuk dan ekspor juga mudah.

Penguatan ini juga akan memangkas lamanya proses diterbitkannya rekomendasi ekspor. "Dulu ekspor komoditas pertanian memakan waktu sampai tiga minggu, sekarang dengan satker online bisa tiga jam selesai," tuturnya.

Cucun menambahkan, komoditi ekspor seperti manggis, durian, dan sayuran sebetulnya diminati berbagai negara tujuan. Tinggal bagaimana meyakinkan negara penerima ekspor berbagai komoditi pertanian dari Indonesia bahwa dokumen terbitan Badan Karantina memenuhi standar kualifikasi ekspor internasional. Sehingga, negara penerima tidak ragu dan memiliki trust untuk bekerja sama dalam trading jangka panjang.

"Komoditi pertanian Indonesia itu banyak diminati. Tetapi ya itu kita harus perkuat Badan Karantinanya," kata dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7457 seconds (0.1#10.140)