Ezra Walian Tidak Bisa Perkuat Timnas, PSSI Hormati FIFA

Jum'at, 22 Maret 2019 - 10:47 WIB
Ezra Walian Tidak Bisa Perkuat Timnas, PSSI Hormati FIFA
Ezra Walian. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tertutup sudah pintu bagi Ezra Walian untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di ajang kualifikasi Piala AFC U-23 di Vietnam. FIFA memutuskan Ezra tak bisa memperkuat Timnas Indonesia lantaran pernah tercatat memperkuat Tim Nasional Belanda pada kompetisi resmi UEFA.

"PSSI menghormati keputusan FIFA. Namun, kita masih punya peluang untuk challenge terkait status Ezra," kata Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria seperti dimuat laman resmi PSSI, www.pssi.org.

Dalam kasus Ezra di Piala AFC U-23, AFC mengetahui bahwa Ezra adalah pemain naturalisasi. Untuk itu, AFC meminta dokumen pendukung berupa sumpah kewarganegaraan, decree president, dan sebagainya .

Selanjutnya, PSSI mengirim dokumen tersebut tepat waktu. Setelah itu, AFC meminta agar PSSI mengirimkan surat dari Federasi sepak bola Belanda (KNVB) yang mengklarifikasi bahwa Ezra belum pernah bermain di Timnas Belanda.

KNVB merespons yang di dalamnya ternyata mencantumkan bahwa Ezra pernah bermain di Timnas U-17 Belanda pada ajang Piala Eropa Tahun 2013. Atas dasar tersebut, diketahui bahwa Ezra sebelumnya pernah bermain di timnas pada kompetisi resmi sebelum ia mengajukan naturalisasi.

Terkait dengan ini, AFC meminta PSSI untuk mendapat persetujuan dari FIFA. PSSI pun telah mengirimkan dokumen yang dibutuhkan oleh FIFA (sumpah, decree, pernyataan dari ezra, passport Belanda, passport indonesia - versi Inggris dan Bahasa). Setelah di-review FIFA tetap pada peraturannya bahwa Ezra tidak dapat berpindah asosiasi karena pernah bermain di kompetisi resmi sebelum naturalisasi.

Pada SEA Games 2017, Ezra bisa bermain untuk Indonesia. Itu karena SEA Games tidak berada langsung di bawah yuridiksi AFC dan FIFA dan punya regulasi sendiri.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.6096 seconds (0.1#10.140)