Persiapan Angkutan Lebaran 2019, Ditjen Hubud Fokus 3 Hal Ini

Jum'at, 22 Maret 2019 - 07:00 WIB
Persiapan Angkutan Lebaran 2019, Ditjen Hubud Fokus 3 Hal Ini
Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan fokus pada tiga aspek dalam persiapan Operasi Angkutan Lebaran 2019. Ketiga aspek tersebut adalah keselamatan, keamanan, dan pelayanan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono saat mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti dalam kegiatan Press Background Persiapan Angkutan Lebaran dan Sosialisasi Mudik Gratis Tahun 2019 Kementerian Perhubungan, Kamis (21/3/2019).

"Untuk keselamatan, kami selalu rutin melakukan inspeksi, dalam event Lebaran ini maka frekuensinya akan ditingkatkan, inspeksi akan dimulai pada April mendatang," kata Isnin.

Isnin menambahkan, inspeksi meliputi pada prasarana dan sarana penunjang operasional penerbangan. Ini dilakukan lebih awal karena perbaikannya membutuhkan waktu, inspeksi akan melibatkan Otoritas Bandar Udara (OBU) mulai I hingga X.

"Kita akan melakukan pemeriksaan secara ketat sesuai peraturan dan standar yang berlaku, Ditjen Hubud akan memastikan prasarana dan sarana penunjang opersional penerbangan siap dalam melayani angkutan Lebaran tahun ini," jelasnya.

Terkait pelayanan, Ditjen Hubud akan menghadirkan sebanyak 36 posko pelayanan yang tersebar di bandar udara domestik dan tujuh bandar udara internasional.

Hingga Maret 2019, sebanyak 12 maskapai yang siap melayani angkutan udara Lebaran 2019 dengan total armada mencapai 547 unit.

Selain itu, Ditjen Hubud telah memetakan beberapa hal yang perlu diantisipasi dalam angkutan lebaran, antara lain gangguan keselamatan dan keamanan, tarif pesawat, bagasi berbayar, antisipasi cuaca ekstrem, kapasitas pesawat dan lonjakan penumpang, bahaya terorisme, penggunaan narkoba, hingga perubahan pola penerbangan.

Untuk mengantisipasi kendala-kendala di atas, Ditjen Hubud akan melakukan tahapan konsolidasi dan koordinasi dimulai dari lingkungan internal serta seluruh penyelenggara bandara, navigasi penerbangan dan maskapai serta pihak terkait lainnya, guna menfokuskan perhatian pada langkah antisipatif apabila ditemukan kendala pada saat pelaksanaan Angkutan Lebaran 2019.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6793 seconds (0.1#10.140)