alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemda KBB dan Kementan Salurkan Bantuan 1.000 Traktor, Bibit Kopi, dan Ayam

Adi Haryanto
Pemda KBB dan Kementan Salurkan Bantuan 1.000 Traktor, Bibit Kopi, dan Ayam
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam acara pemberian bantuan sebanyak 1.000 traktor, bibit tanaman, dan ayam, kepada petani se-KBB di Kompleks Pemda KBB, Kamis (21/3/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan sebanyak 1.000 traktor dan sejumlah alat-alat pertanian lainnya kepada para petani di KBB, Kamis (21/3/2019). Bantuan itu diserahkan langsung oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, disaksikan Wabup KBB Hengki Kurniawan dan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal.

Bupati Aa Umbara mengatakan, wilayah Bandung Barat merupakan salah satu kawasan pertanian sehingga pemerintah daerah harus men-support. Bantuan alat-alat pertanian berupa 1.000 traktor, pompa air, 200.000 bibit tanaman, dan 200.000 ayam kampung yang juga didukung dari Kementerian Pertanian ini sebagai upaya untuk membuat petani di KBB lebih maju dan sejahtera.

"Saya berharap dengan disalurkannya ribuan traktor dan alat-alat pertanian lainnya ini dapat menambah sejahtera dan kemajuan para petani di Bandung Barat. Ini juga sebagai bentuk komitmen dan janji yang saya tepati untuk memberikan traktor dan alat-alat pendukung pertanian kepada petani," ucapnya.



Dirinya merasa bangga karena banyak petani dari KBB yang sudah berhasil. Bukan hanya dalam meningkatkan kesejahteraan ekonominya, tapi juga membuka lapangan kerja bagi orang lain. Sehingga, secara tidak langsung ikut membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran. Terlebih ada juga petani asal Lembang, yang telah mendapatkan penghargaan dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

Oleh sebab itu, lanjut Umbara, generasi muda jangan minder atau malu untuk menekuni bidang pertanian. Pihaknya akan mendukung para generasi milenial yang ingin sukses dalam pertanian. "Generasi milenial bisa sukses dari sektor pertanian. Tunjukkan kegigihan, kerja keras, dan pantang menyerah. Biar pemerintah daerah nanti yang support untuk dukungan alat-alat pertaniannya," kata dia.

Mentan Andi Amran Sulaiman menyebutkan, bantuan traktor, bibit benih kopi, dan ayam, semata-mata untuk menstimulan petani lebih produktif lagi. Jika dihitung sejak tahun 2014, bantuan pertanian yang telah disalurkan totalnya mencapai 30 triliun. Sehingga, dalam 4 tahun terakhir ini pihaknya telah melihat peningkatan produk domestik bruto (PDB) hingga Rp460 triliun, dengan nilaI ekspor naik 29% atau Rp1.300 triliun.

"Saya melihat Pak Bupati Bandung Barat ini sangat sayang pada petani, karena beliau backgroundnya petani dan peternak sehingga paham apa yang dibutuhkan petani," tuturnya.



(zik)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif