Ini Langkah Pemprov Jabar Dongkrak Potensi Wisata Ciayumajakuning

Kamis, 21 Maret 2019 - 15:52 WIB
Ini Langkah Pemprov Jabar Dongkrak Potensi Wisata Ciayumajakuning
Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Jawa Barat Iwan Darmawan. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengeluarkan sejumlah terobosan untuk mengangkat potensi yang ada di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan ( Ciayumajakuning ). Menjadikan wilayah itu sebagai tempat digelarnya rapat yang dilakukan dinas adalah salah satu cara yang dilakukan.

Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Jawa Barat Iwan Darmawan mengatakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mengeluarkan kebijakan bahwa aktivitas yang dilakukan instansi Pemprov Jabar harus digelar di Ciayumajakuning.

"Kita mengalihkan dulu semua kegiatan dinas ya. Ada perintah dari Pak Gubernur agar semua kegiatan Pemprov itu di Ciayumajakuning. Sampai saat ini Dinas Pariwisata rapat dua hari di Cirebon. Ini untuk memperkuat posisi daya tarik wisata Ciayumajakuning. Hari ini hadir 27 (Kadis Pariwisata dari) kabupaten/kota (se-Jabar)," kata dia saat ditemui di BIJB Kertajati , Majalengka, Kamis (21/3/2019).

Anjuran Gubernur tersebut diharapkan juga bisa diikuti oleh pemerintahan di bawahnya. Namun, untuk pemkab dan pemkot sebatas imbauan. "Kalau kabupaten/kota, kita imbau. Kita pastikan kalau kegiatan provinsi semuanya harus melihat ke Ciayumajakuning," jelas dia.

Di luar itu, jelas dia, Pemprov juga memulai rencana pembenahan terhadap potensi-potensi yang ada di lima kabupaten/kota itu. Untuk Kabupaten Majalengka, objek wisata Panyaweyan adalah salah satu titik yang akan segera mendapat penanganan guna pembenahan.

"Panyaweuan itu (akan) dilengkapi dengan fasilitasnya. Kan di situ tempat parkirnya masih belum standar. Kemudian fasilitas untuk orang aktivitas di Panyaweyan itu. Itu yang kita perhatikan. Sekarang kan tempatnya belum sesuai dengan standar dengan pariwisata, nah kita akan tertibkan," tegas dia.

Menurutnya, anggaran penataan destinasi Panyaweyan Rp5 miliar dan akan dilakukan tahun ini. Selain Panyaweyan, pembenahan juga akan dilakukan terhadap alun-alun. Untuk kebutuhan pembenahan wisata di Kabupaten Majalengka, dibutuhkan anggaran sekitar Rp15 M.

"Kuningan pengembangan Kebun Raya Kuningan itu rencananya tahun 2020 sebesar Rp5 miliar, Rp30 miliar untuk Waduk Darma tahun 2019. Kemudian penataan Alun-alun Kota Cirebon Rp30 miliar (tahun) 2019 juga. Indramayu penataan ruang terbuka hijau alun-alun itu Rp15 M," papar dia

Semua rencana pembenahan yang dilakukan pada tahun ini sedang dibuatkan detail engineering design-nya. "Semua yang dibangun tahun ini sedang dibuat. Termasuk budget, hari ini teh rapat tentang itu."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9300 seconds (0.1#10.140)