Bus Kidang Pananjung Siap Antar Wisatawan Keliling Purwakarta

Kamis, 21 Maret 2019 - 15:12 WIB
Bus Kidang Pananjung Siap Antar Wisatawan Keliling Purwakarta
Bus Wisata Kidang Pananjung mulai mengaspal setelah diluncurkan oleh Pemkab Purwakarta. Bus ini akan mengantarkan para wisatawan berkeliling Kota Purwakarta. Foto/Istimewa
A A A
PURWAKARTA - Bus Wisata Kidang Pananjung secara resmi diluncurkan dan segera mengaspal di jalanan Purwakarta, Jawa Barat. Bus wisata hibah dari Pemprov Jawa Barat itu akan melayani rute wisata dengan melewati sejumlah ikon wisata Purwakarta.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Purwakarta Saepudin menuturkan, dengan mulai beroperasinya Bus Wisata Kidang Pananjung diharapkan bisa menarik wisatawan untuk datang ke Purwakarta.

"Purwakarta menjadi salah satu daerah tujuan wisata. Sehingga dengan adanya bus tersebut bisa menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Purwakarta," ujar Saepudin di sela acara launching Bus Kidang Pananjung di Bale Maya Datar Purwakarta, Kamis (21/3/2019).

Bus yang mirip dengan Bandung Tour On The Bus (Bandros) tersebut diberi nama Kidang Pananjung karena memiliki filosofi kearifan lokal. Dalam istilah Sunda, Kidang Pananjung merupakan seorang kesatria yang bertugas mengawal dan mengantarkan.

"Pemberian nama kesatria agar rasa kearifan lokalnya tetap terjaga. Bus ini siap siaga mengantarkan wisatawan berkeliling ke beberapa destinasi wisata di Purwakarta," ujar dia.

Selain itu, kehadiran Bus Wisata Kidang Pananjung sebagai salah satu fokus pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada publik terutama dalam pelayanan kepariwisataan di Purwakarta. "Salah satu bentuk pelayanannya adalah memudahkan serta memberi rasa aman dan nyaman bagi wisatawan di Purwakarta," ujarnya.

Rute yang akan dilalui bus dari Alun-alun Purwakarta-Pasar Jumat-Kemuning-Kebon Kolot, hingga Tajug Gede Cilodong dan kembali arahnya menuju BTN-Situ Buleud-Alun-alun Purwakarta.

"Trayeknya melewati destinasi dan ikon-ikon wisata di Purwakarta, direncanakan titik awal di alun-alun," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2291 seconds (0.1#10.140)