alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Proyek Plasa Mekarsari Dilanjutkan, Pemda KBB Siapkan Rp3,5 M

Adi Haryanto
Proyek Plasa Mekarsari Dilanjutkan, Pemda KBB Siapkan Rp3,5 M
Proyek pembangunan Plasa Mekarsari di kompleks perkantoran Pemda KBB kembali dilanjutkan dengan anggaran Rp3,5 miliar. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Proyek pembangunan Plasa Mekarsari di Kompleks Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali dilanjutkan. Anggaran Rp3,5 miliar disiapkan dari APBD murni 2019 untuk melanjutkan pembangunan tahap ketiga dari dua trap yang sudah terbangun saat ini.

"Plasa itu kan ada tiga trap, sekarang baru dua, masih perlu dibangun satu trap lagi. Tahun ini ada Rp3,5 miliar yang disiapkan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) KBB Anugrah, Rabu (20/3/2019).

Anugrah menjelaskan, di plasa tersebut nantinya juga akan dibangun mal perizinan dan creative center. Dikarenakan plasa ini ditujukan sebagai area publik atau tempat beraktivitas warga, maka semuanya akan terintegrasi termasuk dengan taman kota. Luas keseluruhannya mencapai lima hektare (ha) dan pembangunannya telah dimulai sejak tahun 2017.



Di awal pembangunan konstruksinya menghabiskan anggaran sebesar Rp3,5 miliar, kemudian pada 2018 dialokasikan lagi sebesar Rp5,2 miliar. Plasa yang memiliki tiga undakan berbentuk melingkar ditargetkan selesai tahun ini. Akan tetapi penyelesaian pembangunan plasa belum disertai dengan penyelesaian pembangunan tempat parkir kendaraan.

"Berikutnya juga akan diselesaikan pembangunan sarana pendukung berupa jalan ke luar ke Pasirhalang dan sudah dianggarkan Rp2 miliar untuk konstruksinya," sebutnya.

Terkait dengan creative center akan ada bantuan dari pusat, hanya saja pembangunannya oleh Dinas Pariwisata. Berbagai pembangunan di plasa bawah, ditargetkan selesai secara keseluruhan pada 2020. Gedung itu sebagai pusat dari pengembangan berbagi kegiatan warga. Sehingga keberadaan kompleks pemda bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bandung Barat.

"Selain pembangunan palasa, kami juga akan melanjutkan pembangunan menara masjid agung pemda dan membuat detailed engineering design untuk Gedung Diklat di Lembang," tandasnya.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif