alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jawab Tantangan Revolusi 4.0, Binus Komitmen Cetak SDM Ahli IT

Arif Budianto
Jawab Tantangan Revolusi 4.0, Binus Komitmen Cetak SDM Ahli IT
Rektor Binus Bandung Andreas Chang (kanan). Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Perguruan tinggi Bina Nusantara (Binus) berkomitmen mencetak lulusan yang memiliki kemampuan bidang industri kreatif terutama yang berbasis teknologi digital. Hal itu untuk menjawab tantangan perubahan zaman, revolusi industri 4.0.

Rektor Binus Bandung Andreas Chang mengatakan, Indonesia memiliki potensi demografi yang cukup besar, ditopang akses Internet yang semakin mudah dan murah. Kemudahan itu membuka jalan lebar bagi pelaku industri kreatif kedepannya.

Namun demikian, untuk menjawab kebutuhan tersebut, perlu didukung universitas yang mampu menciptakan lulusan inovatif, adaptif, kompetitif, dan mampu menciptakan lapangan kerja.



“Binus hadir bagaimana memberikan pendidikan yang terbaik. Agar kita bisa terus berubah dan mengikuti perkembangan zaman,” kata Andreas di Kampus Binus Bandung, Kawasan Paskal Hyper Square, Kota Bandung, Rabu (20/3/2019).

Salah satu yang diunggulkan Binus adalah mencetak mahasiswa yang memiliki keahlian pada bidang industri kreatif, terutama pada bidang teknologi informasi.

Misalnya menyiapkan program-program studi yang sesuai dengan pengembangan subsektor ekonomi kreatif. Seperti Creativepreneur, Informatics, Interior Design, dan Visual Communication Design.

”Untuk sukses di abad ke-21 diperlukan keterampilan abad ke-21, karena tuntutan zaman sudah berubah. Forum Ekonomi Dunia mencantumkan sejumlah keterampilan (skills) akan sangat diperlukan pada 2020, antara lain keterampilan untuk memecahkan masalah yang kompleks,” ujar dia.

Dia menuturkan, untuk menghasilkan lulusan yang sesuai kebutuhan, Binus membuat konsep program 2 + 1 + 1. Program ini disiapkan bagi mahasiswa Binus Bandung untuk mendapatkan pengalaman belajar multi kampus dan pengalaman profesional di luar kampus.

Selama 2 tahun, mahasiswa akan menjalankan perkuliahan Binus Bandung, 1 tahun menjalankan perkuliahan di Binus University Jakarta atau Binus Malang, 1 tahun berikutnya enrichment untuk menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga profesional siap kerja.



(awd)

loading...