Usia Kandungan 9 Bulan, Bupati Anne Pantang Cuti

Senin, 18 Maret 2019 - 16:02 WIB
Usia Kandungan 9 Bulan, Bupati Anne Pantang Cuti
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika tetap bugar dan fit dalam menjalankan roda pemerintahan, meski usia kandungannya sudah memasuki usia sembilan bulan. Foto/Istimewa
A A A
PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pantang untuk cuti meskipun usia kehamilannya sudah memasuki usia sembilan bulan. Bagi Anne, perutnya yang membesar tidak jadi masalah dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

Sejumlah agenda tetap Anne laksanakan, terutama menerima tamu yang tidak mungkin diwakilkan. Selain itu, dia masih sering menyapa warganya secara langsung di berbagai lokasi. Bahkan, diskusi, rapat paripurna, rakor dengan muspida termasuk musrenbang pun masih dihadirinya

"Atur pola makan yang sehat, serta olahraga disesuaikan dengan kondisi badan," ujar Anne, Senin (18/3/2019).

Sementara, demi memaksimalkan tanggung jawabnya dan menjaga kondisi janinnya, Anne memiliki caranya sendiri agar bisa tetap fit dan sehat dalam kondisi hamil besar. Tapi, dia mengaku kesulitan aktivitasnya yang terkadang terbilang cukup berat bagi ibu hamil di trimester terakhir. Bahkan, berat badannya saat mengandung kini di luar ekspektasinya.

Anne mengatakan, berat badannya naik hingga lebih dari 25 kilogram saat usia kehamilan menginjak delapan bulan. Meski berat badannya naik cukup besar, dia mengaku senang karena kondisinya sehat dan tidak ada indikasi pre-eklampsia, gejala atau sebuah komplikasi pada kehamilan yang salah satunya disebabkan oleh berlebihnya berat badan.

"Alhamdulillah, Insya Allah saya sehat. Tapi dengan berat badan seperti ini, ruang gerak saya jadi terbatas, gampang sesak, apalagi kalau jalan jauh atau naik tangga," ujarnya.

Dia menjelaskan, meski banyak kegiatan yang sering menyita waktunya untuk beristirahat, dia sering menyempatkan diri untuk memeriksa janinnya. Pemeriksaan atau sekadar konsultasi ke dokter dipastikan dilakukan olehnya di sela kesibukan sebagai orang nomor satu di Purwakarta.

Hal itu dilakukannya secara wajib, semata-mata hanya untuk menjaga kesehatan dirinya dan secara khusus bagi bayi yang dikandungnya. "Saat trimester pertama dua minggu sekali, trimester kedua jadi sebulan sekali, sampai usia 8 dan 9 bulan semakin dirutinkan, bisa seminggu sekali lah," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0101 seconds (0.1#10.140)