Incar Kemenangan, 1.400 Bacaleg PDIP se-Jabar Bangun Kekuatan

Sabtu, 11 Agustus 2018 - 19:31 WIB
Incar Kemenangan, 1.400 Bacaleg PDIP se-Jabar Bangun Kekuatan
Ketua DPD PDIP Jabar Tubagus Hasanudin. FOTO/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Sekitar 1.400 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) PDI Perjuangan se-Provinsi Jawa Barat mulai membangun kekuatan dalam upaya meraih kemenangan di ajang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Mereka mendapatkan berbagai arahan terkait kesiapan hingga strategi pemenangan dalam kegiatan Pembekalan Calon Anggota Legislatif Pemilu 2019 DPD PDIP Jabar yang digelar di Hotel Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Sabtu (11/8/2018).

"Ada lima sesi pengarahan kepada bacaleg, di antaranya saya berikan gambaran situasi politik di Jabar," kata Ketua DPD PDIP Jabar Tubagus Hasanudin di sela-sela kegiatan.

Menurut Hasanudin, demi meraih kemenangan, para bacaleg ini harus mampu menguasai strategi pemenangan, salah satunya cara berkampanye yang baik dan benar sesuai ketentuan Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Tidak boleh menghina partai lain, mempermasalahkan etnis, intern, saling menghancurkan rekan sendiri, itu gak boleh," papar Hasanudin.

Hal lain yang menjadi bahasan adalah membangun kekuatan, terutama dalam penyiapan saksi di tempat pemungutan suara (TPS) yang menjadi ujung tombak upaya pemenangan. Selain itu, dalam beberapa waktu ke depan, pihaknya pun akan menggelar sejumlah kegiatan untuk memperkuat kapasitas para bacalegnya.

"Kami butuh uang saksi yang ditempatkan di 136.000 TPS. Seperti apa kita diskusikan, urunan seperti apa yang adil, berapa untuk DPR RI berapa untuk provinsi, berapa untuk kabupaten/kota," katanya.

Disinggung soal target kemenangan, Hasanudin menyatakan, pihaknya menargetkan 30 kursi di DPRD Jabar dan 26 kursi di DPR. Sementara kursi DPRD kabupaten/kota, kata Hasanudin, masih dalam perincian.

"Namun berdasarkan survei, PDIP kini di angka 22%, di bawahnya Gerindra 14%, dan Golkar 11%. Mudah-mudahan terus meningkat setelah mendapat pengarahan, bagaimana cara melakukan penggalangan massa dalam konteks pemenangan partai," katanya.

Hasanudin menambahkan, selain menerima arahan terkait strategi pemenangan, para bacaleg itu pun telah diarahkan untuk mendukung pemenangan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pemilihan Presiden 2019. "Arahannya sudah, kami sudah rapat tanggal 5 Agustus kemarin. Arahannya memenangkan Pileg dan Pilpres 2019," tandasnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0599 seconds (0.1#10.140)