Banjir Bandang Surut, Bandara Sentani Beroperasi Normal

Minggu, 17 Maret 2019 - 13:26 WIB
Banjir Bandang Surut, Bandara Sentani Beroperasi Normal
Sebuah pesawat terseret arus banjir bandang yang menerjang Sentani, Jayapura. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan memastikan operasional penerbangan di Bandar Udara Sentani berjalan normal pascabanjir melanda Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (16/3/2019) malam.

Dirjen Hubud Polana B Pramesti mengatakan, bahwa Bandara Sentani beroperasi dengan baik meski beberapa daerah di sekitarnya masih terkena dampak banjir.

"Operasioanal Bandar Udara Sentani dan penerbangan berjalan normal. Kekhawatiran akan terjadi delay jika para calon penumpang dari arah Doyo (lokasi terkena banjir) dan Wamena, Abepura, Jayapura terhalang longsor yang sering terjadi saat hujan deras," kata Polana dalam rilis yang diterima SINDOnews dari Kepala Bagian Kerja Sama Internasional Humas dan Umum Ditjen Hubud Hari Budianto.

Selain itu, ujar Polana, lapangan terbang milik Adventist di Doyo juga dilanda banjir namun belum diperoleh informasi tentang kerusakan dan kerugian yang terjadi.

Terkait musibah banjir di Sentani, Ditjen Hubud melalui Bandara Sentani akan mengirimkan bantuan kepada warga masyarakat yang terkena banjir. “Kami prihatin dengan adanya musibah banjir ini. Semoga proses evakuasi dapat berjalan dengan baik,” tutup Polana.

Kepala Bagian Tata Usaha Bandara Sentani Nafiek mengatakan, banjir yang terjadi di beberapa tempat di Sentani secara keseluruhan sudah surut.

Sementara kondisi di Bandara Sentani, kantor, terminal, dan airside sudah dari pantauan sejak tadi malam tidak terendam banjir. Padahal sempat dikhawatirkan aliran arus sungai di belakang Runway 12 bisa menimbulkan erosi dan longsor pada bantaran sungai sisi dekat runway.

"Namun hasil inspeksi lapangan tadi pagi, hal tersebut tidak terjadi. Hanya memang pada sisi seberang banyak bangunan sepanjang bantaran sungai tersapu banjir. Untuk kondisi area radar terpantau aman, jalan menuju gedung radar juga clear," kata Nafiek. (Baca juga: Banjir Bandang Sentani Tewaskan 50 Orang dan 59 Luka )
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4146 seconds (0.1#10.140)