Nico Siahaan Kutuk Penembakan di Selandia Baru

Sabtu, 16 Maret 2019 - 22:22 WIB
Nico Siahaan Kutuk Penembakan di Selandia Baru
Anggota Komisi I DPR RI Nico Siahaan. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Junico BP Siahaan (Nico Siahaan) mengutuk penembakan yang terjadi di dua masjid di Selandia Baru. Dia menilai aksi pelaku itu keji dan tidak berperikemanusiaan.

"Penembakan di dua masjid di Selandia Baru sangat keji dan mencederai nilai-nilai kemanusiaan. Otoritas Selandia Baru harus segera mengusut tuntas," tegas Nico di Bandung.

Nico yang saat ini kembali maju menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat I (Kota Bandung dan Kota Cimahi) juga mendorong agar pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) terus memberikan informasi soal perkembangan warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dan memberikan advokasi semaksimal mungkin.

Nico juga berpesan agar masyarakat berhenti menyebarkan rekaman video sadistis penembakan muslim di Selandia Baru yang belakangan banyak tersebar. Menurut dia, tindakan itu hanya akan membantu teroris sukses menanamkan ketakutan kepada warga. "Teror itu menciptakan ketakutan, jadi mari kita berhenti mem-posting video yang justru malah mengampanyekan ketakutan," jelasnya.

Selanjutnya, Nico juga meminta agar semua pihak sama-sama menolak terorisme dalam bentuk apa pun. Menurut dia, persaudaraan dalam kemanusiaan adalah hal utama yang harus dikedepankan.

"Bung Karno dalam Pidato 1 Juni tentang Pancasila sudah menegaskan bahwa Indonesia berdiri di atas dasar internasionalisme atau perikemanusiaan, yakni persaudaraan sesama bangsa dan antarbangsa. Sehingga teror terhadap kemanusiaan, terhadap identitas seseorang, atau hate crime adalah musuh bersama," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2859 seconds (0.1#10.140)