Sekda Dorong KPPS Jabar Jadi Koperasi Terbesar di Indonesia

Jum'at, 15 Maret 2019 - 23:56 WIB
Sekda Dorong KPPS Jabar Jadi Koperasi Terbesar di Indonesia
Sekda Jabar Iwa Karniwa mendorong KPPS Jabar menjadi salah satu koperasi terbesar di Indonesia. Foto/SINDOnews/Istimewa
A A A
BANDUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa mendorong Koperasi Konsumen Praja Sejahtera (KPPS) Jabar menjadi salah satu koperasi terbesar di Indonesia seiring performanya yang memuaskan.

Menurut Iwa, meski baru berusia tiga tahun, KPPS Jabar sukses menghasilkan laba yang nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun. Tercatat, laba KPPS Jabar pada 2016 sebesar Rp356 juta, lalu naik menjadi Rp3,2 miliar pada 2017, dan kembali naik menjadi Rp4,9 miliar pada 2018.

"Tadi kami bersama-sama melakukan evaluasi terhadap Koperasi Konsumen Praja Sejahtera, dimana koperasi ini diharapkan bisa menjadi salah satu koperasi terbesar di Indonesia," tutur Iwa seusai menghadiri pertemuan terbatas dengan Pengurus KPPS Jabar di Kantor KPPS Jabar, Jalan Karawitan, Kota Bandung, Jumat (15/3/2019).

Iwa melanjutkan, dari segi jumlah anggota, KPPS Jabar juga membubukan peningkatan keanggotaan setiap tahunnya. Hingga saat ini, tercatat sekitar 4.000-an aparatur sipil negara (ASN) atau 30 persen dari total 12.000 ASN di Jabar telah menjadi anggota.

"Oleh karena itu, kita sekarang ingin mengembangkan koperasi yang arahnya kepada tiga hal, pertama bagaimana meningkatkan integritas pengurus, kedua bagaimana meningkatkan profesionalisme pengelola, dan terakhir bagaimana kita meningkatkan pasar," paparnya.

Iwa juga mengatakan, Pemprov Jabar telah melakukan penyertaan modal sebanyak 2,26 persen dimana 50 persen dari modal tersebut telah disetorkan kepada pihak koperasi. Dalam kesempatan itu, Iwa juga mendorong KPPS Jabar untuk mengembangkan usahanya dalam berbagai sektor bisnis potensial.

"Kita sekarang sedang mencari peluang dari segi usaha yang lain, termasuk juga untuk perumahan dan beberapa sektor yang lain. Intinya, kalau untuk koperasi ini harus ada contoh terbaik bagi masyarakat, bahwa koperasi terbaik itu perkembangannya luar biasa," tandas Iwa.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0971 seconds (0.1#10.140)