alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Pensiun, Polisi dan ASN Polda Jabar Dilatih Kewirausahaan

Agus Warsudi
Jelang Pensiun, Polisi dan ASN Polda Jabar Dilatih Kewirausahaan
Anggota Polri dan aparatur sipil negara (ASN) di Polda Jabar yang memasuki masa pensiun pada tahun anggaran 2019, mendapat pembekalan dan pelatihan keterampilan kewirausahaan, Kamis (14/3/2019). Foto/Istimewa

BANDUNG - Ratusan anggota Polri dan aparatur sipil negara (ASN) di Polda Jabar yang memasuki masa pensiun pada tahun anggaran 2019, mendapat pembekalan dan pelatihan keterampilan kewirausahaan, Kamis (14/3/2019). Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto memberikan langsung materi.

Hadir pula Waka Polda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus dan pejabat utama Polda Jabar. Selain Kapolda, kegiatan pembekalan dan pelatihan kewirausahaan juga diisi oleh narasumber Pimpinan Project Management Spesialis Pensiun Bisnis Bank BTPN Kanwil Jabar Syukran, Kepala Pusat P4TK Pertanian Cianjur Ahmad Syaikhu, dan motivator prapurnabhakti Alviko Ibnugroho.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab Polri dalam mempersiapkan masa purna bakti bagi para personel melalui pemberian berbagai materi kewirausahaan. Materi yang diberikan seperti budidaya tanaman, ikan, ternak, pengelolaan hasil pertanian, dan tehnik mesin pertanian serta motivasi prapurnabhakti.



"Setelah acara ini, para personel yang akan memasuki masa pensiun diharapkan termotivasi untuk berwirausaha dan sukses, serta menjadi motivasi bagi seluruh personel untuk melakukan inovasi dan terobosan kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga," kata Agung.

Kondisi ekonomi Indonesia saat ini, kata Agung, dipengaruhi oleh perekonomian dunia. Menghadapi harga-harga kebutuhan pokok, perlu inovasi dan terobosan kreatif untuk memberikan dukungan tambahan pendapatan keluarga personel Polda Jabar. Karena itu, Polda Jabar berupaya mengembangkan dan merintis aktivitas wirausaha bagi anggota dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anggota. Selain itu sebagai bekal di masa pensiun, namun tidak mengganggu pelaksanaan tugas sehari-hari.

"Dengan pelatihan wirausaha ini, diharapkan akan mengubah kebiasaan kerja kita sebagai karyawan menjadi individu yang bebas melakukan pilihan untuk mengisi masa pensiun. Hal tersebut dapat dilakukan secara mandiri dengan melibatkan anggota keluarga," ujarnya.

Agung berharap, program wirausaha ini dapat berjalan sukses dan berkesinambungan, sehingga dapat memotivasi anggota yang menjelang pensiun untuk berwirausaha. "Meski berwirausaha, personel tidak meninggalkan tugas pokok selaku anggota Polri, yakni dalam tugas pemeliharaan Kamtibmas, penegakan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat, khususnya tugas pengamanan Pemilu 2019," tutur Agung.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko memgemukakan, pelatihan ini  dilaksanakan guna mempersiapkan personel yang akan pensiun, terutama  pada aspek kesiapan mental dan psikologis. Selain itu, para personel yang akan memasuki masa pensiun memahami bagaimana hidup sehat setelah dan meniti karier kedua setelah pensiun melalui pekerjaan baru atau menjadi wirausahawan.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif