Jelang Debat Cawapres, Panelis-Moderator Jamin Tak Bocorkan Soal

Kamis, 14 Maret 2019 - 06:49 WIB
Jelang Debat Cawapres, Panelis-Moderator Jamin Tak Bocorkan Soal
Debat Pertama Pilpres 2019. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Para panelis dan moderator Debat Ketiga Pilpres 2019 telah menandatangani pakta integritas. Hal ini dilakukan untuk menjamin kerahasiaan soal debat, agar para panelis juga moderator berkomitmen untuk menjaga integritas dan independensi dalam menyusun soal termasuk tidak membocorkan soal debat.

KPU telah menetapkan dua moderator yaitu Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas dan sembilan panelis yaitu, yakni Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu, Pegiat Budaya yang merupakan mantan Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Chairil Effendy MS.

Kemudian Rektor Universitas Syiah Kuala Aceh Samsul Rizal, Rektor UIN Sunan Kalijaga KH Yudian Wahyudi, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Subhilhar, Budayawan Radhar Panca Dahana, Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah, Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David S Perdanakusuma, dan Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyatakan, pascapenandatangan pakta integritas, sembilan panelis mulai menyusun soal Debat Ketiga Pilpres 2019. Para panelis akan menyusun soal selama tiga hari, hingga Jumat, 15 Maret 2019.

"Hari ini, para panelis akan mulai menyusun soal debat pilpres, sampai tiga hari ke depan," kata Wahyu di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Menurutnya, kisi-kisi soal Debat Ketiga Pilpres 2019 tidak akan diberikan kepada cawapres sebelum debat. Para cawapres baru mengetahui soal debat pada hari H debat, Minggu, 17 Maret 2019.

"Untuk debat ketiga, kami tetap tidak akan menyampaikan kisi-kisi kepada para kandidat. Jadi soal ini bersifat rahasia. Soal akan disampaikan kepada KPU pada H-1, yang oleh KPU akan dilanjutkan kepada moderator," tegasnya.

Senada dengan Wahyu, Ketua KPU Arief Budiman menyatakan pakta integritas bertujuan agar menjaga kerahasiaan soal atau pertanyaan yang akan ditanyakan ke para peserta debat yakni Cawapres Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin dan Cawapres Nomor Urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno .

"Setiap tahapan pemilu dilaksanakan dengan penuh integritas. Maka pada hari ini kami meminta kepada para panelis dan moderator dengan prinsip sebagaimana diatur UU," ucapnya.

Menurutnya, para panelis merupakan individu-individu yang independen dan tidak menjadi tim sukses. Mereka berasal dari berbagai kampus dan juga ahli di bidangnya. "Semoga amanah yang diberikan negara bisa dijalankan dengan baik," jelasnya.

Koordinator Panelis yang juga Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama menyatakan dan menyetujui dengan tujuan penandatangan pakta integritas yang merupakan bagian dari menjaga independensi sebagai panelis. Dia bersama kedelapan panelis lainnya akan menjaga semua pertanyaan yang diajukan ke cawapres.

"Kami berusaha sekuat tenaga meramu pertanyaan yang diarahkan dan berusaha menjaga kerahasiaan dan integritas agar pelaksanaan debat fair play dan sesuai ketentuan UU," tegasnya. (Baca Juga: Debat Ketiga Pilpres 2019, Yel-Yel Tak Boleh Provokatif(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4774 seconds (0.1#10.140)