Kawal New Normal, Kodam Siliwangi Kerahkan 3.400 Personel TNI Siap Tegakkan Disiplin

Selasa, 02 Juni 2020 - 21:09 WIB
loading...
Kawal New Normal, Kodam Siliwangi Kerahkan 3.400 Personel TNI Siap Tegakkan Disiplin
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. Foto/Pendam Siliwangi
A A A
BANDUNG - Untuk mengawal penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau tatanan normal baru alias new normal, Kodam III/Siliwangi mengerahkan 3.400 personel TNI.

Ribuan tentara tersebut bergabung dengan Polri dan Satpol PP, ditempatkan di pusat keramaian untuk menegakkan disiplin masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan COVID-19. (BACA JUGA: Terus Menurun, Reproduksi COVID-19 di Jabar Kini di Angka 0,68 )

"Dalam rangka pelaksanaan AKB ini, TNI dan Polri diturunkan untuk mengawasi dan menjaga kedisiplinan masyarakat," kata Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat melaksanakan rapat evaluasi Gugus Tugas COVID-19 di Ruang Silihwangi, Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh Nomor 69, Kota Bandung, Selasa (2/6/2020).

Pangdam mengemukakan, tiga hal yang harus diwaspadai dalam kedisiplinan masyarakat, yaitu pertama penggunaan masker, kedua menjaga jarak, dan ketiga selalu mencuci tangan. (BACA JUGA: 627 Mobil Puskesmas Keliling Dikerahkan untuk Tes COVID-19 ke Desa dan Kelurahan )

"Untuk memastikan tiga hal itu dilaksanakan oleh masyarakat, personel TNI dan Polri disiagakan di pusat keramaian, tempat ibadah, stasiun, pasar, terminal, dan lain-lain," ujar Panglima. (BACA JUGA: Emil: Jabar Diizinkan Presiden Terapkan New Normal )

Jika ada masyarakat yang tidak menggunakan masker, tutur Pangdam, personel akan mengingatkan baik-baik dan diberikan masker. Masyarakat perlu didisiplinkan. Sebab yang paling utama adalah penggunaan masker.

"Oleh sebab itu, mari kita semuanya, dari TNI, Polri, Dishub, dan Satpol PP menyosialisasikan protokol ini sehingga dapat mengurangi perkembangan COVID-19," pungkas Pangdam.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)