Jelang Pemilu, Disdukcapil KBB Tuntaskan Pencetakan KTP El

Selasa, 12 Maret 2019 - 22:09 WIB
Jelang Pemilu, Disdukcapil KBB Tuntaskan Pencetakan KTP El
Kadisdukcapil KBB Wahyu Diguna. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah berhasil menuntaskan perekaman KTP elektronik (KTP el).

Tercatat hingga 10 Maret 2019, pencetakan KTP el telah dilakukan semuanya kepada 1.153.363 wajib KTP, setelah Disdukcapil proaktif melakukan jemput bola terhadap permintaan blangko ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Pencetakan KTP dari data Print Ready Record (PRR) sudah tuntas, adapun yang belum dicetak itu karena belum rekam dan duplikasi data," kata Kepala Disdukcapil KBB, Wahyu Diguna di Ngamprah, Selasa (12/3/2019).

Dia menjelaskan, penyelesaian cetak KTP el dilakukan dalam waktu satu bulan dengan menggunakan 17 alat rekam yang ada. Meskipun sempat ada kendala alat yang rusak dan eror tapi berhasil ditanggulangi dengan cepat sehingga tidak mengganggu perekaman secara signifikan.

Sementara upaya pengambilan blangko dilakukan hampir tiga kali dalam seminggu, sesuai dengan intruksi dari bupati yang ingin agar perekaman selesai sebelum pilpres.

Wahyu mengatakan dengan tuntasnya cetak KTP el, Disdukcapil KBB berharap berdampak pada kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2019 di mana warga bisa menggunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang.

Oleh sebab itu setelah selesai pencetakan, pihaknya langsung mendistribusikan KTP kepada masyarakat melalui pemerintah desa, RW dan RT. Mengingat selain untuk keperluan pilpres, KTP sangat diperlukan bagi pengurusan berbagai administrasi persyaratan.

"Sekarang kepemilikan KTP Elektronik sudah selesai, kalaupun ada tersisa 11.347 jiwa, itu karena belum rekam dan menunggu Sent for Enrollment (SFE) dari data base pusat," jelasnya.

Disinggung terkait pemilih pemula, berdasarkan data dari 1 Januari-17 April 2019 tercatat jumlahnya ada 4.202 orang. Yang sudah melakukan perekaman 880 orang terdiri dari yang sudah cetak 694, sudah PRR 47, sudah SFE 136, dan gagal rekam 3 orang.

Mereka yang nantinya pada hari H pencoblosan berusia 17 tahun maka bisa mencoblos dengan membawa surat keterangan dan diserahkan ke petugas TPS.

"Tercapainya target perekaman ini berkat kerja keras semua pihak. Bahkan petugasnya dapat menyelesaikan 400 print ready record (PRR) hanya dalam sehari," imbuhnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5815 seconds (0.1#10.140)