alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bakso Aci Khas Bandung yang Begitu Menggoda

KORAN SINDO
Bakso Aci Khas Bandung yang Begitu Menggoda
Bakso aci khas Bandung. Foto/KORAN SINDO/Dyah Ayu Pamela

JAKARTA - Anda penggemar jajanan bakso? Begitu mudah pastinya menemukan street food yang satu ini karena memang termasuk kuliner favorit berbagai kalangan.

Tetapi, sekarang bakso tidak hanya dari daging. Ada juga bakso aci yang dominan sagu di dalamnya, tapi tetap terasa nikmat dimakan sebagai jajanan.
Aci atau olahan tepung kanji yang dijadikan bakso bukanlah hal baru. Di Bandung, Jawa Barat, bakso aci sudah dijual sejak dahulu Terilhami hal itu, Mochammad Dandi Sepsaditri pun membuka gerai Bakso Aci Akang yang kini telah memiliki 26 cabang di Jakarta, Tangerang, dan Depok.

KORAN SINDO pun menyambangi salah satu gerai terbarunya di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, untuk mencicipi racikan bakso aci ini. Meskipun sederhana, semangkuk bakso aci tidak pernah gagal menggoda.



Perpaduan bakso aci dengan cincangan daging ayam hingga tahu dengan kuah pedas mampu menggoyang lidah penikmatnya. Meski berasal dari Bandung, sekarang bakso aci juga bertebaran di Jakarta. Namun, ada yang berbeda bila Anda datang ke gerai Bakso Aci Akang.

"Kita tidak menggunakan MSG, spesialnya ada topping sayap ayam yang tidak ada di tempat lain," ungkap Mochammad Dandi ketika ditemui KORAN SINDO.

Kalau datang ke salah satu gerainya, Anda akan disuguhkan pilihan menu yang berisi variasi bakso aci, seperti gabungan cuanki, baso aci, batagor crispy, batagor kering, cuankie tahu, cuanki kembung, dan cuankie siomay yang bisa dipilih sesuai selera.

Kalau batagor tentu saja sudah bisa ditebak ada garing terasa krispy, lalu gabungan cuanki tahu dan cuanki kembung yang memberi tekstur berbeda. Sementara, bakso aci dengan isian cincangan ayam ada sensasi kenyal-kenyal saat dimakan.

Nah, tentu saja harus pesan topping tambahan sayap ayam yang diolah dengan cara direbus. "Topping sayap ayam kita adakan di sini karena bakso lain kebanyakan memakai tambahan ceker atau tetelan. Sayap ayam di sini jadi best seller karena yang tidak suka ceker jadi bisa beralih pilih sayap ayam," kata Dandi.

Oh ya. Untuk menikmati semangkuk bakso ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp17.000-Rp22.00. Penasaran mencoba bakso aci? (Dyah Ayu Pamela).



(zik)