KPU Majalengka Temukan Sejumlah Surat Suara Pilpres 2019 Bermasalah

Sabtu, 09 Maret 2019 - 14:38 WIB
KPU Majalengka Temukan Sejumlah Surat Suara Pilpres 2019 Bermasalah
Sejumlah surat suara Pilpres 2019 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, tidak akan bisa dipakai. Hal itu diketahui dari hasil sortir surat suara yang dimulai pada hari ini, Sabtu (9/3/2019). Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Sejumlah surat suara Pilpres 2019 di Kabupaten Majalengka , Jawa Barat, tidak akan bisa dipakai saat hari H. Hal itu diketahui dari hasil sortir surat suara yang dimulai pada hari ini, Sabtu (9/3/2019).

Dari hasil penyortiran, diketahui ada beberapa surat suara yang tidak layak, di antaranya ada coretan, kertas kusam, dan lainnya. "Tadi dari hasil pengamatan, ada beberapa surat suara yang bermasalah, seperti ada coretan, kusut. Namun belum didata secara rinci berapa yang bermasalah, karena kan masih berjalan dan hari ini hari pertama penyortiran," kata Ketua KPU Kabupaten Majalengka Agus Syuhada, Sabtu (9/3/2019).

Surat suara yang tidak layak pakai tersebut, jelas dia, tentunya masuk ke dalam daftar yang akan dilaporkan ke KPU RI. Namun, laporan itu akan dilakukan setelah proses penyortiran selesai. "Diperkirakan penyortiran ini sekitar 20 hari. Gelombang pertama penyortiran untuk surat suara presiden. Setelah semuanya selesai, sudah pasti kami laporkan untuk diganti," kata dia.

Sebelumnya, ditemukan juga puluhan kotak suara yang dianggap tidak layak pakai. Sama seperti surat suara, kondisi tersebut juga langsung dilaporkan guna mendapat kotak suara pengganti. "Perakitan kotak suara sudah selesai, ada 63 kotak suara yang rusak. Sebelumnya, kami juga kekurangan 10 kotak suara," jelasnya.

Hingga saat ini, sebagian besar logistik untuk Pileg dan Pilpres 2019 sudah diterima KPU Majalengka. "Tinggal logistik berupa formulir-formulir saja yang belum. Yang lainnya sudah diterima, tetapi memang ada kekurangan," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3586 seconds (0.1#10.140)