PSBB Proporsional, Kedai Kopi-Kafe Boleh Buka dengan Penerapan Protokol COVID-19

Senin, 01 Juni 2020 - 14:02 WIB
loading...
PSBB Proporsional, Kedai Kopi-Kafe Boleh Buka dengan Penerapan Protokol COVID-19
Pengunjung salah satu kafe di Kota Bandung yang dibubarkan oleh Satpol PP Kota Bandung lantaran melanggar aturan PSBB. Foto/Satpol PP Kota Bandung
A A A
BANDUNG - Kafe dan kedai kopi di Kota Bandung diperkenankan untuk buka dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional yang diterapkan Pemkot Bandung.

Namun, pengelola kafe dan kedai kopi tersebut harus menaati ketentuan yang tertera dalam Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 32 Tahun 2020. (BACA JUGA: PSBB Proporsional Kota Bandung, Penyekatan Ruas Jalan Sampai 2 Juni 2020 )

"Kalau menurut dari Perwal yang sekarang itu kan boleh buka," kata Kabid Trantibum Satpol PP Kota Bandung, Taspen Effendi melalui sambungan telepon, Senin (1/5/2020).

Taspen mengemukakan, ketentuan yang dimaksud dalam Perwal dan mesti ditaati yakni jam operasional, protokol kesehatan, hingga kapasitas pengunjung. (BACA JUGA:

Jika melanggar ketentuan, maka akan ada sanksi yang diberikan mulai dari imbauan hingga ditutup sementara waktu. "Tapi diimbau dulu (sebelum ditutup sementara). Tadi malam juga ada beberapa yang diimbau juga oleh orang kewilayahan kayak Koramil dan Polsek," ujar dia.

Ketentuan di Pasal 11 ayat 3 Perwal Nomor 32 Tahun 2020 yang berbunyi: Terhadap kegiatan penyediaan makanan dan minuman penanggung jawab restoran/rumah makan/usaha sejenis baik yang berdiri sendiri maupun yang berada di pusat perbelanjaan memiliki kewajiban untuk:

a. Melayani pengunjung/konsumen melalui penyelenggaraan layanan makan di tempat (dine in) dan layanan untuk dibawa pulang secara langsung (take away dan/atau drive thru)

b. Pelayanan dibawa pulang secara langsung (take away), drive thru, dapat dilakukan melalui pemesanan secara daring dan/atau dengan fasilitas telepon/layanan antar;

c. Pelayanan take away restoran, rumah makan/usaha sejenis dengan waktu operasional dimulai jam 06.00 s/d Jam 20.00 WIB;

d. Pelayanan makan di tempat (dine in) restoran rumah makan/usaha sejenis paling banyak sebesar 30% (tiga puluh persen) dari jumlah kapasitas kurs: dan pelayanan hanya untuk by appoinment tidak melayani walk in guest, dengan waktu operasional dimulai jam 06.00 s/d Jam 18.00 WIB;
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)