Tinggi, Pertumbuhan Pelanggan Fiber Optic Telkom di Bandung Outer

Jum'at, 10 Agustus 2018 - 14:30 WIB
Tinggi, Pertumbuhan Pelanggan Fiber Optic Telkom di Bandung Outer
Telkom Regional 3 Jabar membuat berbagai program indihome untuk meningkatkan pengguna fiber optic. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Pertumbuhan pelanggan fix broadband PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) di kawasan luar Kota Bandung (Bandung outer) cukup tinggi. Pertumbuhan perumahan di luar Kota Bandung menjadi salah satu penyebabnya.

General Manajer PT Telkom Bandung Barat Hendrawan mengatakan, pertumbuhan pelanggan di Bandung outer meliputi Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Cimahi cukup tinggi. Tren pertumbuhannya mulai terasa signifikan sejak satu tahun terakhir.

"Kami agresif pengembangan di Bandung Barat, terutama Bandung outer. Bahkan target kami dinaikkan dari 36.000 jadi 52.000. Ini karena di sana banyak sekali perumahan baru. Kami mencatat pertumbuhan lebih dari 100%," kata Hendrawan di Bandung, Jumat (10/8/2018).

Bahkan, lanjut dia, pelanggan fix band atau jaringan fiber optic di Bandung outer mencapai 250.000. Lebih tinggi dari Bandung sebanyak 198.000 sambungan. Dengan pencapaian 480.000 hingga Agustus 2018 ini, pihaknya optimistis target 500.000 pelanggan hingga akhir tahun bisa terlampaui.

"Di Cimahi kami baru saja melakukan penandatangan kontrak dengan Pemkab untuk sambungan fiber ke semua RW. Ini akan mendongkrak jumlah sambungan indihome Telkom di wilayah Telkom regional 3," jelas dia.

Hendrawan mengakui, secara potensi market, di Bandung outer masih sangat tinggi. Di Bandung Barat misalnya, dari 5,2 juta pendidik, baru tergarap 12%. Secara jumlah, potensi market di kawasan ini masih cukup besar.

Tingginya pertumbuhan pelanggan fix broadband dalam bentuk fiber optic, lanjut dia, mesti diimbangi dengan penyediaan infrastruktur yang mencukupi. Saat ini, tingkat okupansi jaringan Telkom telah mencapai 64%. Kendati masih ada ruang cukup banyak, namun Hendrawan mengakui perlunya penyiapan tambahan infrastruktur jaringan.

Sementara itu, Telkom juga terus melakukan berbagai upaya untuk menambah penetrasi fiber optic di Telkom Regional 3. Salah satunya membuat program undian berhadiah promo indihome Paket Berkah. Telkom memberikan paket umrah bagi dua orang pelanggan yang beruntung.

"Paket Berkah merupakan paket dengan speed 10 Mbps yang dapat diperoleh seharga Rp330.000 per bulan. Setelah periode ini berakhir, kami melanjutkan program promo paket indihome merdeka yang juga tak kalah menarik," kata Deputy Executive Vice President (EVP) Marketing Telkom Regional 3 Mohamad Khamdan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6317 seconds (0.1#10.140)