Baru Beberapa Hari Dijual, Tiket KA Lebaran Hampir Habis

Selasa, 05 Maret 2019 - 22:10 WIB
Baru Beberapa Hari Dijual, Tiket KA Lebaran Hampir Habis
Penumpang mengantre untuk mendapatkan tiket kereta api. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Tiket kereta api (KA) Lebaran untuk beberapa jurusan pada puncak arus mudik 2019, nyaris habis terjual. Padahal, PT Kereta Api Indonesia (KAI) baru saja membuka penjualan tiket KA Lebaran 2019 itu.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan, untuk beberapa perjalanan KA, okupansinya nyaris 90%. Diperkirakan akan terus meningkat, seiring banyaknya masyarakat yang melakukan pemesanan tiket 90 hari sebelum hari H.

Menurut dia, untuk KA ekonomi yaitu Kereta Api Pasundan (Kiaracondong-Surabaya), KA Kahuripan (Kiaracondong-Blitar), dan KA Kutojaya Selatan (Kiaracondong-Kutoarjo) tiket yang sudah terjual lebih dari 90%.

“Itu untuk perjalanan H-6 dan H-7 atau tanggal 29 dan 30 Mei. Sementara untuk tanggal lainnya, hingga sebelum lebaran masih tersedia,” kata Joni di Bandung, Selasa (5/3/2019).

Tak hanya KA ekonomi, beberapa KA bisnis dan eksekutif untuk tanggal tersebut, angka pemesannya juga cukup tinggi. Misalnya KA Argo Wilis, Turangga, Harina, Lodaya, Ciremai masih tersedia di atas 50%.

“Berbeda dengan KA Malabar jurusan Bandung - Malang, angka pemesannya sudah mencapai 90% lebih untuk dia tanggal itu,” ujar Joni.

PT KAI, tutur dia, memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2019 akan terjadi pada 29 dan 30 Mei. Hal itu mempertimbangkan hari libur dan kalender Lebaran.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0221 seconds (0.1#10.140)