Borussia Dortmund Cetak Sejarah, Sancho Pemain Inggris Pertama Bikin Hat-trick

Senin, 01 Juni 2020 - 11:30 WIB
loading...
Borussia Dortmund Cetak Sejarah, Sancho Pemain Inggris Pertama Bikin Hat-trick
Borussia Dortmund mencatatkan sejarah baru klub setelah mengalahkan Paderborn 6-1 pada laga lanjutan Bundesliga 2019/2020 di Benteler Arena, Senin (1/6) dini hari WIB. Foto/Dortmund
A A A
DORTMUND - Sukses mengalahkan Paderborn 1-6 di Benteler Arena, Senin (1/6) dini hari WIB, Borussia Dortmund mencatatkan sejarah baru klub pada ajang Bundesliga 2019/2020. Rekor tersebut terkaitan dengan jumlah gol yang telah dikoleksi dalam satu musim.

Dalam 29 pertandingan Bundesliga musim ini, Dortmund mengoleksi 80 gol. Mereka hanya butuh dua gol lagi untuk menyamai rekor yang pernah dibukukan pada musim 2015/2016. (Baca juga: Favre Ngaku Tak Lihat Sancho Beri Penghormatan Buat George Floyd )

Keenam gol kemenangan Dortmund dikemas Thorgan Hazard (54'), Jadon Sancho (57', 74', dan 90+2'), Achraf Hakimi (85') dan Marcel Schmeizer (89'). Sancho tercatat sebagai pemain Inggris pertama yang cetak hat-trick di salah satu dari lima liga top Eropa sejak Brain Stein pada 1989.

Dia juga mendfaftarkan nmanya sebagai pemain Inggris pertama yang mencetak 16 gol dan 16 assist dalam satu musim di lima liga top Eropa sejak Matthew Paul Le Tissier di Liga Inggris 1994/1995. (Baca juga; Lewandowski Hapus Kutukan, Muenchen Diambang Juara )

Pemain perantau itu juga mencatatkan namanya sebagai pemain termuda (20, 2 bulan, dan enam hari) yang mencetak 30 gol di Bundesliga. Sebelumnya, catatan itu dipegang Kei Havertz. Satu fakta menarik adalah klub berjuluk The Black & Yellows tidak pernah kalah dalam pertandingan Bundesliga di mana Sancho telah mencetak gol (20 menang dan lima imbang).

Sementara itu, bagi Schmelzer, kemenangan ini terasa spesial mengingat ia mencetak satu gol dan satu assist untuk mengantarkan Dortmund menang. Ini merupakan kali pertama ia melakukan dalam satu pertandingan dalam karier profesionalnya.

"Marcel Schmelzer bagus dalam latihan dan juga di lapangan dalam pertandingan. Dia bermain gemilang dan gol serta assistnya memang layak. Sempurna," puji pelatih Dortmund Lucien Favre pasca pertandingan dikutip dari laman resmi klub, Senin (1/6/2020).

"Saya hanya mengucapkan satu kalimat selama istirahat paruh waktu bahwa kita harus terus melakukan apa yang kita lakukan. Kami menekan dengan baik, kami membuat lawan kami lelah, dan jelas bahwa mereka tidak akan bisa menjaga tempo sampai peluit akhir," kata Favre.

Singkat kata, dengan tambahan tiga poin ini Dortmund terus mengekor pemuncak klasemen sementara Bundesliga dengan raihan 60 poin atau tertinggal tujuh angka dari Bayern Muenchen.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)