Komisi II DPR RI Kaji Pembentukan Kantor Cabang BPN di Cigudeng dan Cileungsi

Selasa, 05 Maret 2019 - 20:34 WIB
Komisi II DPR RI Kaji Pembentukan Kantor Cabang BPN di Cigudeng dan Cileungsi
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Herman Khaeron saat melakukan kunjungan kerja di Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor, Selasa (5/3/2019). Foto Ist
A A A
BOGOR - Komisi II DPR RI akan mengkaji rencana pembentukan Kantor Cabang Badan Pertanahan Nasional (BPN) atau Kantor Pertanahan di Cileungsi dan Cigudeg Kabupaten Bogor. Rencana kajian ini disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Herman Khaeron saat melakukan kunjungan kerja di Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor, Selasa (5/3/2019).

"Kita pikirkan dan akan coba dikaji kalau Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor di Cibinong sudah over load dan sudah melebihi batas kemampuan sumber daya yang ada," kata Herman Khaeron.

Politisi Partai Demokrat ini menyampaikan jika dalam kajian dimungkinkan tentunya kedua kantor cabang pertanahan tersebut akan segera direalisasikan.

"Kan sudah ada rencana pemekaran juga untuk wilayah Bogor barat dan Bogor timur, tentunya jika kedua Daerah Otonomi Baru (DOB) jadi terlaksana tentunya kantor di Cigudeg dan Cileungsi dapat difungsikan," ungkap Herman Khaeron.

Sementara Pejabat Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin berharap agar DPR RI dan Kanwil Pertanahan (BPN) Jawa Barat segera merealisasikan pembentukan kantor cabang BPN di Cigudeg dan Cileungsi. "Jika itu sudah ada tentunya kantor BPN di Kabupaten Bogor ada tiga. Kita minta segera direalisasikan sehingga bisa disiapkan nantinya untuk Bogor Timur dan Bogor Barat," ungkapnya.

Untuk merealisasikan hal tersebut Pemkab Kabupaten Bogor akan memfasilitasi pengadaan perkantorannya. "Untuk di Cileungsi bisa dipakai kantor eks kecamatan. Sementara untuk Cigudeg akan dicarikan lahannya. Sebelumnya lahan Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor di Jalan Tegar Beriman ini juga merupakan hibah dari Pemkab Bogor," ungkap Burhan.

Sebelumnya diperoleh informasi Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor telah diajukan pembentukan kedua kantor cabang Pertanahan di Cileungsi dan Cigudeg karena dinilai pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor telah over load.

Selain itu warga dari wilayah Bogor barat (Cigudeg, Dramaga, Leuwiliang, Nanggung, Jasinga, Ciampea, Tenjolaya, Tenjo, Rumpin, Sukajaya, Parungpanjang) dan Bogor timur (Cileungsi, Jonggol, Klapanunggal, Gunungputri, Cariu, Sukamakmur dan Tanjungsari) kesulitan untuk mencapai Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor di Jalan Tegar Beriman, Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor karena terkendala jarak tempuh yang cukup jauh dan adanya kemacetan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4794 seconds (0.1#10.140)