2 Tukang Bangunan di Dago Temukan Mortir

Selasa, 05 Maret 2019 - 13:59 WIB
2 Tukang Bangunan di Dago Temukan Mortir
Lokasi penemuan mortir. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Dua tukang bangunan yang tengah merenovasi rumah milik Kevin Permana (27) di Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, menemukan mortir zaman Belanda, Selasa (5/3/2019) sekitar pukul 10.00 WIB.

"Dua tukang bangunan yang merenovasi fondasi kanopi di halaman depan rumah saya sedang menggali menggunakan linggis. Setelah menggali sedalam 1,5 meter, linggis mengenai benda keras seperti besi. Semula tukang mengira benda itu sebuah knalpot," kata Kevin di lokasi kejadian.

Kevin kemudian meminta tukang bangunan mengeluarkan benda itu dari dalam tanah. Setelah diamati dengan seksama, benda itu diduga kuat mortir dengan pemicu warna putih di belakangnya.

"Setelah diangkat, benda mirip seperti mortir dengan pemicu warna putih. Karena khawatir benda itu meledak, saya meminta pekerjaan dihentikan. Lalu saya melapor ke polisi," ujar dia.

Kevin menuturkan, sejak kecil tinggal di rumah itu. Namun, baru kali ini ada penemuan mortir. "Saya menempati rumah ini sejak kecil. Kata orang tua, rumah ini dibangun pada 1940," tutur Kevin.

Anggota Polsek Coblong yang mendapat laporan langsung meluncur ke lokasi penemuan mortir. Selanjutnya, petugas melapor ke Unit Inafis Polrestabes Bandung. Petugas memasang garis polisi di lokasi penemuan mortir dan menghalau warga mendekat. Bahkan, polisi meminta pemilik rumah meminta mengosongkan rumah tersebut. Untuk mengevakuasi benda itu, petugas menghubungi tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Brimob Polda Jabar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2155 seconds (0.1#10.140)