3 Pendaki Dibawa ke RSUD Sumedang, Diduga Tewas Akibat Hipotermia

Minggu, 03 Maret 2019 - 17:36 WIB
3 Pendaki Dibawa ke RSUD Sumedang, Diduga Tewas Akibat Hipotermia
Tim rescue dari Kantor SAR Bandung mengevakuasi korban yang ditemukan tewas di Gunung Tampomas. Foto/Istimewa/Kantor SAR Bandung
A A A
SUMEDANG - Tiga pendaki gunung telah berhasil dievakuasi dalam kedaan meninggal dunia dari Pos 4 Gunung Tampomas, Kabupaten Sumedang, Minggu (3/3/2019) sekitar pukul 16.30 WIB.

"Setelah berhasil dievakuasi oleh tim rescue Kantor SAR Bandung dan Polres Sumedang, ketiga korban dibawa ke RSUD Sumedang. Ketiga korban ditemukan dalam keadaan MD (meninggal dunia)," kata Humas Kantor Search and Rescue (SAR) Bandung Joshua Banjarnahor.

Untuk proses selanjutnya, ujar Joshua, SAR bekerja sama dengan pihak Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jabar. Saat ditemukan di Pos 4 Gunung Tampomas Desa Cibeureum, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang berketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut (DPL), semua korban tak memegang identitas. Telepon seluler korban padam atau tidak menyala.

Usia ketiga korban diperkirakan belasan tahun. Posisi korban meringkuk menahan dingin. "Dugaan awal setelah tim mengevakuasi, korban MD dikarenakan hipotermia," ujar Joshua.

"Kami melihat tubuh korban basah karena terkena hujan maka serangan hipotermia semakin cepat. Pada Sabtu (2/3/2019) malam, angin yang bertiup kencang. Dalam kondisi seperti ini, pendaki biasanya akan cepat kehilangan panas tubuhnya. Jadi potensi terkena hipotermia akan meningkat ketika pendaki juga mengenakan pakaian basah," ungkap dia.

Langkah selanjutnya, tutur Joshua, tim SAR bekerja sama dengan tim dari Polres Sumedang mencari tahu identitas ketiga korban.

"Kami mengimbau masyarakat yang ingin mendaki gunung di saat musim hujan seperti ini, lebih waspada dan memperhatikan peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Seperti sleeping bag, pengapian, tenda, dan lain-lain. Terlebih lagi APD-nya haruslah standar," tegas Joshua.

Diketahui, tiga pendaki ditemukan kaku di dalam tenda di Pos 4 Gunung Tampomas pada Minggu (3/3/2019) pagi. Pada Minggu (3/3/2019), pendaki lain melintas di lokasi kejadian dan melihat tenda rusak. Mereka melihat tiga korban terbujur kaku di dalam tenda. Kemudian mereka melapor ke petugas di pos pendakian.

Humas Kantor Search and Rescue (SAR) Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, pihaknya menerima laporan terkait peristiwa tiga pendaki gunung ditemukan kaku di dalam tenda pada Sabtu (2/3/2019) malam, dari Ferdi, anggota Sumedang Mandiri Rescue pada Minggu (3/3/2019) sekitar pukul 12.00 WIB.

Setelah mendapatkan laporan, Kantor SAR Bandung menugaskan satu tim rescue dengan perlengkapan 1 unit mobil compartment, 1 set Palsar HART, 1 set Palsar Mountenering, 1 unit alat komunikasi, dan satu unit tas medis.

Jarak lurus dari Bandung ke lokasi kejadian sektiar 26,77 kilometer. Estimasi waktu tempuh 1 jam 27 menit. Tim rescue melalui Pos Narimbang menuju lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban di Pos 4 Gunung Tampomas. (BACA JUGA: Tragis, Tiga Pendaki Diduga Tersambar Petir di Gunung Tampomas )
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1766 seconds (0.1#10.140)