Ridwan Kamil Ingatkan Relawan Jokowi-Ma'ruf Kedepankan Kampanye Positif

Sabtu, 02 Maret 2019 - 22:33 WIB
Ridwan Kamil Ingatkan Relawan Jokowi-Maruf Kedepankan Kampanye Positif
Dewan Pengarah TKD Jokowi-Maruf Jabar Ridwan Kamil mengingatkan seluruh relawan Jokowi-Maruf untuk mengusung kampanye positif. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan seluruh relawan pendukung Jokowi-Ma'ruf untuk mengedepankan cara-cara yang positif dalam berkampanye.

Pria yang juga menjabat Gubernur Jabar itu menyatakan, kampanye positif harus selalu diusung saat menyosialisasikan pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 01 itu, agar suasana kondusif di Provinsi Jabar jelang dan setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tetap terpelihara.

Emil, sapaan akrabnya menuturkan, dalam setiap kesempatan menghadiri kegiatan pemenangan Jokowi-Ma'ruf di akhir pekan, dia pun selalu mengingatkan para relawan dan kader partai pengusung Jokowi-Ma'ruf untuk selalu mengusung kampanye positif.

"Kita gunakan namanya demokrasi fastabiqul khairat, demokrasi yang berlomba-lomba pada kebaikan, berlomba-lomba pada program, bukan menjelek-jelekkan. Kalau ada (relawan atau tim pemenangan) dari capres-cawapres 01 menjelek-jelekkan juga pasti kita tegur. Jangan sampai seperti itu," tegas Emil seusai menghadiri Diskusi Publik dan Pembekalan Relawan Jokma Jawa Barat di Hotel Papandayan, Jalan Malabar, Kota Bandung, Sabtu (2/3/2019).

"Intinya, kita tunjukkan bahwa demokrasi ini bukan pertengkaran. Ini adu strategi saja, siapa yang menang kita hormati, berarti itu pilihan rakyat Indonesia," sambung Emil.

Dalam kesempatan itu, Emil juga memastikan, komunikasi dan koordinasi gerakan pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jabar yang dilakukan oleh kader partai pengusung maupun relawan non-partai sudah berjalan sinergis.

"Sudah sangat baik, sangat positif, kita komunikasi secara intensif. Di level pimpinan-pimpinan irisannya enggak hanya relawan partai, tapi juga elemen-elemen non-relawan non-partai juga banyak bergabung," katanya.

Sementara itu, Ketua Relawan Jokma Jabar Andreansyah Musa membantah anggapan bahwa relawan Jokowi-Ma'ruf dari partai pengusung dan non-partai pengusung berjalan sendiri-sendiri. Dia meyakinkan, keduanya selalu bersinergi memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Jabar.

"Jokma ini menyinergikan beberapa simpul relawan yang terjun ke lapangan untuk door to door menyapa warga dan memberi semangat untuk relawan-relawan 01 yang ada di Jawa Barat," jelasnya.

Andre juga memastikan, relawan Jokma dan kader partai sama-sama mengusung kampanye positif dengan terus menyampaikan keberhasilan Jokowi sebagai Presiden RI di periode pertamanya. Hal itu pun, kata Andreansyah, seusai arahan dari Ridwan Kamil.

"Insya Allah target kami 65 persen suara di Jawa Barat untuk kemenangan pasangan Jokowi- Ma’ruf Amin," sebutnya.

Di tempat yang sama, Direktur Konten Tim Kampanye Nasional (TKN) Fiki Satari menambahkan, di sisa masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang kurang dari dua bulan lagi, pihaknya mencoba strategi baru dalam menyampaikan konten pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jabar.

"Ada konten yang sama sekali baru, yaitu hope (harapan). Sekarang ini sudah diluncurkan program Pak Jokowi untuk Indonesia Maju. Selain ada Kartu Indonesia Pintar, Kartu Kuliah, Kartu Sembako Murah, Kartu Pra-kerja, kita juga dengar khusus program untuk milenial seperti kreatif space dan sebagainya. Ini yang akan disampaikan kepada publik," papar Fiki.

Fiki pun berharap, seluruh relawan pendukung Jokowi-Ma'ruf, termasuk Jokma, bisa mengampanyekan konten harapan baru tersebut kepada masyarakat, selain keberhasilan-keberhasilan yang telah diraih Jokowi sebagai Presiden RI di periode pertamanya.

"Kami dari Tim Kampanye Nasional juga mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan oleh teman-teman di Jabar, khususnya Jokma. Sangat konkret karena Jabar adalah kunci DPT (daftar pemilih tetap) terbesar di Indonesia," tandas Fiki.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0834 seconds (0.1#10.140)