3,6 Juta Surat Suara Datang Lebih Awal, Ketua KPU KBB: Alhamdulillah

Jum'at, 01 Maret 2019 - 17:00 WIB
3,6 Juta Surat Suara Datang Lebih Awal, Ketua KPU KBB: Alhamdulillah
Ketua KPU KBB Adie Saputro. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Kekhawatiran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) tentang kedatangan surat suara yang waktunya mepet dengan hari pencoblosan tidak terjadi. Ini dipastikan setelah sebanyak 3,6 juta surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Barat, dan DPRD Kabupaten Bandung Barat serta untuk pemilihan suara ulang diterima KPU KBB, pada Kamis (28/2/2019) sore.

Surat suara itu diangkut dengan menggunakan 8 truk kontainer yang dibawa dari salah satu perusahaan percetakan di Rancaekek, Kabupaten Bandung. Pengiriman dari percetakan ke gudang milik KPU KBB yang berlokasi di Jalan Raya Padalarang-Ciburuy tersebut mendapat pengawalan ketat dari petugas Polres Cimahi, Kodim 0609 Kabupaten Bandung, dan Kesbangpol KBB.

"Alhamdulillah kami sudah menerima surat suara untuk pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, yang awalnya dijadwalkan baru akan dikirimkan pada periode tanggal 16-26 Maret 2019," kata Ketua KPU KBB Adie Saputro di Padalarang, Jumat (1/3/2019).

Kedatangan surat suara yang lebih cepat dari jadwal ini akan memudahkan pihaknya dalam melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang rencananya dilaksanakan Senin depan. Sebelumnya, Adie mengaku telah mengajukan percepatan pengiriman surat suara itu, agar kegiatan sortir lipat suara suara waktunya lebih lama dan agar tidak terburu-buru.

Dirinya memperkirakan, jika surat suara datang di pertengahan atau akhir bulan Maret, untuk melipat dan sortir surat suara tersebut setidaknya membutuhkan pekerja sebanyak 1.000 orang. Perkiraan selesainya membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Tetapi, dengan kedatangan surat suara yang lebih awal, jumlah petugas yang melakukan penyortiran dan pelipatan bisa dikurangi.

"Tenaga sukarela yang mendaftar untuk penyortiran dan pelipatan sudah mencapai 800 orang. Padahal kami belum membuka pendaftaran secara resmi. Yang jelas dengan datang lebih awal kami jadi leluasa karena punya waktu yang cukup," ujarnya.

Disinggung mengenai surat suara untuk DPD RI dan Pemilihan Presiden yang belum datang, Adie menyebutkan masih menunggu kepastian jadwal pengirimannya. Hanya, berdasarkan informasi yang sementara diperolehnya kedua jenis surat suara itu baru akan diterima KPU KBB sekitar tanggal 13 Maret 2019. "Nantinya surat suara yang menyusul seluruh akan masuk ke GOR ini yang dijadikan gudang logistik KPU KBB," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8951 seconds (0.1#10.140)