Potensi Anak Muda Bandung di Bidang Musik Harus Terus Diasah

Jum'at, 01 Maret 2019 - 16:06 WIB
Potensi Anak Muda Bandung di Bidang Musik Harus Terus Diasah
Penyelenggara Pucuk Cool Jam 2019 dan siswa SMKN 10 Bandung foto bersama pada rangkaian workshop kreatif, Jumat (1/3/2019). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Bandung dinilai masih menyimpan potensi industri kreatif dari bidang musik. Potensi tersebut dinilai dimiliki para pelajar di Kota Kembang ini.

Marketing Eksekutif SAE Indonesia Yudha Diputra mengatakan, beberapa industri kreatif yang berpotensi berkembang adalah musik dan animator. Bidang tersebut hingga kini masih banyak diminati kalangan muda. Bahkan, tidak sedikit pelajar yang memiliki bakat terpendam di bidang musik.

"Potensi Bandung cukup bagus, terutama pada industri musiknya. Kemampuan belajarnya pun cukup bagus. Saya kira ajang workshop Pucuk Cool Jam 2019 adalah kesempatan bagus bagi anak muda untuk terjun di industri kreatif," kata Yudha di SMKN 10, Ciwastra, Kota Bandung, Jumat (1/3/2019).

Namun, kata dia, potensi yang dimiliki remaja Bandung mesti mendapat tempat dan dorongan. Mereka perlu mendapat pelatihan dari para ahli yang kompeten dan berpengalaman, tentang bagaimana bermusik yang baik dan bagus.

Hal itu juga yang melatarbelakangi digelarnya workshop kreatif yang merupakan rangkaian acara Pucuk Cool Jam 2019. Melalui workshop itu, para pelajar mendapat pengetahuan tentang bagaimana tampil live, kemampuan visual, komunikasi, dan lainnya.

Menurut dia, aspek visual dalam sebuah performance art perlu dieksplorasi dengan matang dan menarik. Tujuannya, agar penonton tertarik dengan penampilan band atau musisi.

Brand Manager Teh Pucuk Harum Yustina Amelia mengatakan, tahun ini ada 300 peserta dari berbagai sekolah yang ikut event Pucuk Cool Jam 2019. 40 sekolah di antaranya dari wilayah Bandung.

Dari ratusan peserta yang ikut seleksi ajang tersebut, sebanyak enam grup band dari enam sekolah masuk babak final. Mereka yang menjuarai ajang tersebut bakal mendapatkan hadiah uang tunai dan berkesempatan mencoba masuk industri musik profesional.

"Antusiasme di Bandung sangat luar biasa. Mereka bahkan kolaborasi dengan guru. Artinya ada dukungan dari guru. Kreativitas mereka pun cukup bagus. Kami berharap, ini jadi wadah untuk beraktivitas para siswa di Bandung," ujarnya.

Dia mengakui, banyak potensi yang bisa digali dari anak muda. Ajang Pucuk Cool Jam 2019 juga komitmen Teh Pucuk mengajak kalangan muda untuk berprestasi. Pemenang tahun lalu misalnya, terus dibina dan dilibatkan dalam berbagai acara.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4307 seconds (0.1#10.140)