Sambut New Normal, Pariwisata DIY Mulai Berbenah

Minggu, 31 Mei 2020 - 09:57 WIB
loading...
Sambut New Normal, Pariwisata DIY Mulai Berbenah
Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Singgih Raharjo mengatakan, sektor pariwisata DIY mulai berbenah menyambut The New Normal. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Singgih Raharjo mengatakan, sektor pariwisata DIY mulai berbenah menyambut The New Normal. Beberapa hal yang dilakukan dengan menyiapkan pemenuhan standar kebersihan, kesehatan, dan keamanan, di destinasi wisata yang akan segera dibuka kembali.

Selain itu, juga dilakukan pembersihan destinasi wisata, perbaikan fasilitas destinasi wisata, penambahan fasilitas kebersihan, penyediaan fasilitas cuci tangan, peningkatan kualitas SDM dengan pelatihan online (Marketing, Visitor manajemen, Pemanduan)

"Kami juga tengah menyusun SOP standar protokol kebersihan, kesehatan dan keamanan untuk akomodasi, restoran, transportasi, destinasi dan event. Selain itu, juga soialisasi dan uji coba SOP tersebut,"ujar Singgih dalam siaran persnya. (Baca juga: Wisata Sehat Ke Pulau Giliyang, Surga Tersembunyi di Sumenep Madura )

Dalam penyiapan SOP Industri Pariwisata DIY meliputi kesiapan dari hotel, restoran, transportasi, pemandu dan destinasi wisata dalam menerima atau melayani wisatawan dengan berpedoman pada Protokol Kesehatan pencegahan penularan COVID-19 akan membuat wisatawan dapat merasa aman dan nyaman saat berkunjung dan menikmati sarana dan prasarana pariwisata di DIY.

Dalam penyusunan SOP, Dispar DIY berkolaborasi dan koordinasi dengan GIPI DIY yang menaungi 22 UJP. Sebagai contoh di hotel pada saat wisatawan menginap, prosedur apa saja yang harus diikuti, pengecekan suhu badan, penggunaan masker, penanganan kamar setelah tamu check out. Termasuk transportasi, daya tampung mobil menyesuaikan protocol physical distancing, penyediaan handsanitizer dan lainnya.(Baca juga: Tujuh Destinasi Wisata Domestik Yang Paling Diinginkan Usai Pandemi Berlalu )

Selain itu sebagai persiapan untuk menghadapi masa The New Normal, Dispar DIY juga melakukan penyiapan informasi berupa penyiapan konten video yang berisi serangkaian kegiatan kesiapan di destinasi/desa wisata, bagaimana industri pariwisata mendemonstrasikan keseriusan dalam menyiapkan hygiene dan sanitasi dengan serius.

Langkah kongrit Pemda DIY dalam penyiapan the new normal, menurut Singgih, berupa memberikan stimulus pemasangan Wastafel di 50 destinasi/desa wisata di DIY dengan pola padat karya masyarakat didestinasi dan desa wisata tersebut, secara prinsip bahwa pada saat ini kami membantu bagaimana destinasi dan pelaku usaha pariwisata untuk dapat menjalankan aktivitas tanpa terganggu dan meyakinkan wisatawan memperoleh jasa dan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan.

"Berkaitan dengan kapan dibukanya destinasi wisata di DIY tentunya akan memperhatikan kesiapan baik destinasi maupun SDM dan melihat situasi kondisi perkembangan Covid-19 serta setelah mendapat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di DIY," tuturnya. (Baca juga; Kopi Robusta Pangandaran Makin Dicari, Ini Rahasia Kenikmatannya )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)