Sanksi Dicabut, Bobotoh Bisa Pakai Atribut saat Nyetadion

Jum'at, 01 Maret 2019 - 07:19 WIB
Sanksi Dicabut, Bobotoh Bisa Pakai Atribut saat Nyetadion
Bobotoh. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sanksi atau hukuman yang dijatuhkan kepada suporter Persib Bandung berdasarkan putusan Komisi Banding pada akhir 2018 lalu akhirnya dicabut oleh Komisi Eksekutif PSSI. Dengan kata lain, Bobotoh bisa memakai atribut saat 'nyetadion' atau menyaksikan langsung laga Persib Bandung di Liga 1 2019.

Dikutip dari laman resmi Persib Bandung, www.persib.co.id, dalam surat keputusan tentang implementasi keputusan Komisi Banding PSSI No. 09/KEP/KB/LIGA-1/XI/2018 itu tertulis, segala larangan yang sempat dijatuhkan kepada Bobotoh tidak akan berlaku di kompetisi Liga 1 2019.

Keputusan bertanda tangan Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono itu adalah, menyatakan bahwa keputusan Komisi Banding No.09/KEP/KB/LIGA-1/XI/2019: tentang hukuman terhadap suporter Persib Bandung tidak dapat dilaksanakan.

Selain itu, menyatakan bahwa seluruh keputusan yang diambil oleh Komisi Banding PSSI terkait hukuman penonton berupa larangan tanpa atribut, sebagaimana dijelaskan dalam poin pertama dinyatakan tidak berlaku.

Lalu, menyatakan bahwa pertandingan Home Persib Bandung dalam kompetisi Liga 1 PSSI 2019, berjalan normal.

Dikutip dari laman resmi PSSI, pssi.org, PSSI menerbitkan beberapa Surat Keputusan hasil review implementasi Keputusan Komite Disiplin 2018. Penerbitan SK ini sesuai amanah Kongres PSSI di Bali pada 20 Januari 2019, tentang kewenangan yang diberikan kepada Komite Eksekutif untuk melakukan review terhadap keputusan Badan Yudisial.

Di situ dimuat bahwa suporter Persib Bandung yang dilarang masuk stadion tanpa atibut, hukuman tersebut tidak dapat dilaksanakan. "Keputusan ini diambil setelah dilakukan telaah panjang dan hati-hati. Dengan tujuan yang terukur, yaitu perbaikan kualitas penyelenggaraan pertandingan, dibarengi upaya edukasi suporter oleh klub," kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0030 seconds (0.1#10.140)