3 Emak-Emak Karawang Tersangka Ujaran Kebencian Terancam 10 Tahun Penjara

Rabu, 27 Februari 2019 - 10:25 WIB
3 Emak-Emak Karawang Tersangka Ujaran Kebencian Terancam 10 Tahun Penjara
Ilustrasi ujaran kebencian. SINDO
A A A
KARAWANG - Tiga emak-emak yang menjadi tersangka kasus ujaran kebencian terhadap Jokowi terancam hukuman 10 tahun penjara. Polisi terus meminta keterangan saksi.

Penyidik Polres Karawang menjerat ketiga tersangka yaitu Citra Widianingsih, Engkay Sugiyanti, dan Ika Paranika dengan pasal alternatif yaitu Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 a ayat 2, Pasal 14 atau Pasal 15 UU ITE. Sebanyak 10 orang saksi sudah diperiksa penyidik.

"Sampai saat ini kami masih melakukan pemeriksaan maraton untuk kelengkapan alat bukti dan pemenuhan unsur pasal pidananya sehingga secepatnya kasus ini dilimpahkan ke kejaksaan untuk dilakukan penuntutan," kata Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansah Putra, Rabu (27/2/2019).

Nuredy mengatakan, sebanyak 10 orang saksi sudah diperiksa. Merek adalah masyarakat dan tokoh agama yang mengetahui video tersebut. "Pemeriksaan masih dalam proses hingga kasus ini kami limpahkan ke kejaksaan," kata Nuredy.

Menurut Nuredy, dari hasil pemeriksaan diketahui perbuatan tersangka tidak masuk dalam pidana pemilu, sehingga proses penyidikan terhadap terhadap tersangka dengan pidana umum. Dalam kasus ini Polres Karawang memastikan ketiganya merupakan tersangka utama dan tidak ada pihak lain yang tersangkut dalam kasus ini.

"Dari hasil pemeriksaan belum ditemukan petunjuk ada pihak lain yang menyuruh atau apa, mereka melakukan sendiri," ujarnya.

Nuredy mengatakan, dari hasil pemeriksaan diketahui tersangka merekam video tanggal 8 Februari 2019 dan kemudian diunggah 19 Februari 2019. Video yang diunggah ini akhirnya menjadi viral di media sosial dan menimbulkan keresahan di masyarakat terutama para pendukung calon presiden. Polres Karawang akhirnya menangkap ketiga tersangka setelah video viral tersebut banyak direspons masyarakat.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.6214 seconds (0.1#10.140)